DISKUSI PERJUANGAN BERSAMA VETERAN 45 PROVINSI RIAU

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. 10 November 2015, SMP Juara Pekanbaru melaksanakan Kunjungan Kebangsaan dalam rangka menyambut peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2015. Kegiatan peringatan hari pahlawan ini mengangkat tema “Mencari Inspirasi perjuangan masa depan”. Kegiatan Diskusi ini dibuat merupakan usaha untuk memberi inspirasi perjuangan bagi generasi remaja, bagaimana dan apa yang harus mereka lakukan dimasa yang akan datang.

Kegiatan dilaksanakan di gedung Pejuang 45 di sekitar jl. sudirman pekanbaru. Rombongan dari SMP Juara Pekanbaru terdiri atas siswa kelas 9 yang berjumlah 25 orang didampingi oleh Bapak Adihamdani selaku Wakil kesiswaan, Rofiza selaku pendamping rombongan yang sekaligus merupakan guru PKN disekolah. Rombongan disambut oleh Bapak Agus Ramadhan yang merupakan salah satu dari veteran yang hadir.

Kegiatan diawali dengan perekenaln perjuangan, dilanjutkan dengan diskusi tentang wawasan kebangsaan, khususnya yang berkaitan dengan perjuangan para pahlawan. Pak Agus merupakan salah satu bagian dari veteran pembela.

Adapun veteran pembela merupakan veteran yang melakukan pembelaan negara, seperti kasus timur leste, irian barat, dll. Pak agus lahir pada tahun 1960 an dan pernah di kirim untuk membela tanah air di timur-timur.

Pak agus menyampaikan betapa pentingnya peringatan hari pahlawan ini, karena merupakan salah satu bentuk penghormatan bangsa kepada pahlawan, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. Selanjutnyata pak agus menyampaikan sebagai generasi muda seharusnya lah harus betul-betul menanamkan semangat keindonesiaan didalam sanubari setiap pemuda indonesia.

Dalam diskusi ini siswa cukup antusias mendengarkan penyampaian yang disampaikan oleh para veteran 45. Terjadi diskusi yang cukup panjang antara siswa dan veteran Firman salah satu siswa kelas 9 menanyakan tentang perjuangan seperti apa dilakukan dimasa itu.

Aziz juga menanyakan tentang tugas dan fungsi dari veteran pekanbaru, serta ami menanyakan pesan moral untuk para remaja masa depan. Kegiatan diakhiri dengan pemberian tanda cinta dan ucapan selamat hari pahlawan yang diberikan oleh adi hamdani kepada veteran 45.***

Newsroom/Adi Hamdani
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi