DULU HOBI, KINI JADI HOKI BAGI KELOMPOK KELINCI MEKARWANGI

RZ LDKO CilegonBANDUNG. (16/09). ICD Mekarwangi Lembang merupakan salah satu desa binaan RZ sejak tahun 2013. Warga ICD Mekarwangi telah merasakan manfaat dari keberadaan berbagai program RZ. Beberapa program yang telah diterima baik infrastruktur dan lainnya telah membantu masyarakat terutama dalam target kurang mampu.

Ada beberapa program baru yang diadakan di ICD Mekarwangi ini, salah satunya yaitu Kelompok Kelinci yang berdiri sejak satu bulan yang lalu. Awalnya, kelompok kelinci ini hanya komunitas hobi warga Mekarwangi dan sekedar hewan peliharaan di rumah.

“Hobi warga memelihara kelinci ini awal ide saya untuk dijadikan usaha potensial sebagai penghasilan tambahan warga. Kalau saja kita membeli satu anakan kelinci seharga Rp 25.000,- dan memelihara hingga kurang lebih empat bulan kemudian sudah menjadi indukan yang bisa dijual seharga Rp 100.000,-. Selain itu, satu indukan kelinci bisa menghasilkan sampai sepuluh ekor. Kotoran kelinci tersebut bisa juga dijadikan pupuk.” Papar Saepudin, Relawan Inspirasi RZ di ICD Mekarwangi.

Warga yang menjadi peternak kelinci ini sebanyak 20 orang, 10 orang diantaranya menjadi penerima manfaat RZ. Warga yang menjadi penerima manfaat RZ ini, sebagian penghasilannya di-hibah murnikan ke ketua kelompok sebagai dana pengganti modal bibit yang diberikan. Hibah murni ini nantinya menjadi modal bibit sepuluh orang warga lainnya yang belum mendapatkan modal tersebut agar semua peternak kelinci mendapatkan manfaat dari program ini.

“Saat ini program kelompok kelinci sudah berjalan dengan baik dan akan terus dikembangkan melalui berbagai pembinaan dari RZ sebagai stimulus peningkatan penghasilan tambahan bagi warga,” tambah Saepudin.***

Newsroom/Priyanka Permata
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi