Di bulan ramadan kurma merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi saat berbuka maupun sahur. Buah yang teksturnya lembut manis ini punya sejumlah nutrisi yang penting untuk memulihkan badan setelah berpuasa.

Buah bertekstur lembut dan manis ini kaya akan mineral dan vitamin. Kurma juga mengandung vitamin A dan B6, asam folat, kalium, natrium alami, zat besi, dan magnesium. Hal ini diyakini dengan mengonsumsi satu butir kurma dan segelas susu cukup untuk memenuhi semua kebutuhan gizi selama sehari.

Dalam satu butir kurma dengan berat 24 gram, terkandung 66 kalori, karbohidrat 18 gram dengan serat 2 gram dan gula 16 gram. Sedangkan satu gelas susu (sekitar 250 ml) mengandung 146 kalori, 8 gram lemak, 11 gram karbohidrat, 8 gram protein dan 13 gram gula.

Nutrisi kurma yang memiliki khasiat berlimpah cocok dikonsumsi setiap hari selama bulan ramadan karena sama saja dengan mengonsumsi multivitamin harian. Mutlivitamin harian ini dapat menjaga tubuh tetap bugar dan sehat selama berpuasa.

Selain itu, kurma juga mengandung banyak serat makanan yang bermanfaat mencegah terjadinya sembelit yang umum dialami saat berpuasa. Bisa saja disebabkan oleh konsumsi gorengan atau makanan tinggi lemak saat berbuka dan sahur.

Buah kurma juga dapat melindungi lambung dan saluran usus dari parasit dan bakteri. Konsumsi kurma saat sahur dapat memberikan bekal energi bagi tubuh. Apalagi jika ditambah dengan segelas susu. Atau bisa juga kurma dan susu diolah menjadi smoothies. Sebaiknya tanpa tambahan gula tetapi bisa ditambah dengan buah segar.

sumber: food.detik.com

Tags:
Donation Confirmation
en_USEnglish
id_IDBahasa Indonesia en_USEnglish