270 YATIM BELAJAR BELANJA KEBUTUHAN SEKOLAH

SEMARANG. Sebanyak 270 yatim mengikuti kegiatan Belanja Sekolah yang dilaksanakan oleh Rumah Zakat Indonesia Cabang Semarang bersama Swalayan ADA, Kamis (31/12). Sesampainya di sana mereka langsung menuju lantai 2 yang berisi perlengkapan sekolah dan alat tulis. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut tahun baru Hijriah 1431.

Menurut Tri Wahyudi, Non Formal EduCare Officer RZI Semarang, anak asuh tersebut dibiarkan untuk memilih sendiri walaupun tetap didampingi oleh kakak asuh Rumah Zakat. “Mereka kita biarkan berekspresi, memilih sendiri dan sekaligus melatih kemandirian dan mengelola uang dengan baik supaya uang sebesar Rp 100.000,00 menghasilkan barang-barang yang maksimal,” ujarnya.

Arisun (13) salah satu anak asuh dari daerah Mranggen merasa sangat senang sekali mendapat kesempatan mengikuti acara belanja sekolah Rumah Zakat. “Saya harus memilih-milih. Inginnya beli macam-macam, tapi uangnya kan dibatasi. Jadi belanja yang penting-penting saja untuk kebutuhan sekolah,” ujarnya di saat mengantri melakukan pembayaran di kasir.

Kegiatan ini benar-benar menjadi sarana berlatih bagi anak asuh dalam mengelola keuangan sekaligus mempelajari pola transaksi di pasar. “Anak-anak biasanya punya keinginan yang banyak. Melalui cara ini mereka akan mengerem keinginan karena uangnya terbatas,” ungkap Wahyudi.***

Newsroom/Sigit Wardono
Regional Jawa Tengah

 

Tags :
Donation Confirmation