5 KEBIASAAN YANG BISA BUAT BAHAGIA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

bahagiakan-orang-lainApa yang membuat Anda bahagia? Atau lebih spesifik lagi, apa yang membuat otak Anda bahagia? Ilmu saraf memiliki jawabannya.  Dikutip dari Time, peneliti saraf dari UCLA Amerika Serikat Alex Korb memberikan beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk merasa bahagia setiap hari.

1. Dengarkan musik dari masa-masa bahagia
Musik mempengaruhi otak dengan cara yang menarik. Musik dapat mengingatkan tempat atau momen ketika Anda mendengarkannya di masa lalu. Korb menjelaskan, hal itu mempengaruhi struktur limbik otak yang disebut hippocampus.

Apakah masa kuliah Anda bahagia? Coba Anda mainkan musik yang Anda sukai ketika itu. Hal itu pun akan membawa Anda menjadi lebih bahagia dan sekaligus memperbaiki suasana hati.

2. Tersenyum
Otak tidak selamanya pintar. Sesekali pikiran Anda mendapatkan informasi acak dan tidak jelas untuk menunjukkan perasaan. Otak kemudian menjadi petunjuk yang disebut dengan istilah Biofeedback.

Biofeedback adalah gagasan yang muncul di otak dengan merasakan hal yang terjadi pada tubuh. Ketika Anda bahagia, Anda akan tersenyum. Hal itu pun bisa berlaku dua arah. Jika Anda tersenyum, maka otak akan mendeteksinya dan merasa bahagia.

3. Memikirkan tujuan hidup dapat mengubah cara Anda melihat dunia
Peneliti menunjukkan beberapa lingkaran di hadapan peserta penelitian. Satu dari lingkaran itu selalu berbeda dari lingkaran yang lain seperti lebih kecil, lebih besar, atau lebih terang. Ketika peserta diminta untuk memilih salah satu lingkaran terjadi hal yang mengejutkan. Para peserta ternyata lebih mampu mengenali lingkaran yang berbeda. Artinya, dengan memiliki tujuan Anda akan melihat dunia ini secara berbeda.

Ketika Anda merasa stres atau tertekan coba untuk mengingat tujuan jangka panjang. Hal itu akan memberikan kendali pada otak dan melepaskan dopamin yang bisa membuat Anda termotivasi.

4. Tidur nyenyak
Depresi dapat memperburuk kualitas tidur seseorang. Lebih menarik lagi, ternyata tidur tidak nyenyak juga bisa menimbulkan depresi. Lalu, bagaimana cara memperbaiki kualitas tidur?

Korb menyarankan untuk mendapatkan paparan sinar matahari ketika beraktivitas di siang hari. Kemudian, di malam hari redupkan cahaya lampu. Tempat tidur yang nyaman dapat membuat tidur Anda semakin nyenyak. Tidur di waktu yang sama setiap malam juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

5. Pergi berjalan kaki setiap pagi
Berjalan kaki setiap pagi terutama bersama teman bisa membuat hidup lebih bahagia. Jalan kaki dapat membangkitkan sistem gerak tubuh. Dengan mendapat paparan sinar matahari, Anda juga akan mendapat manfaat serotonin.

 

Sumber: Republika.co.id

Tags :
Donation Confirmation