5 TIPS SEHAT SEDERHANA UNTUK AYAH

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Sepatu-lari-PertamakuDi mata seorang anak, ayah merupakan sosok yang kuat dan kerap menjadi tempat berlindung. Sayangnya, ada masa di mana ayah yang kuat ini juga mengalami masalah kesehatannya.

Agar terhindar dari masalah kesehatan di usia senja, ada baiknya ayah mulai mengadopsi gaya hidup yang sehat sedari dini. Berikut ini ialah lima tips yang dapat diadopsi ayah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya seperti dilansir DNA India.

Jauhi stress

Menjadi seorang ayah bukan perkara mudah. Memikul tanggung jawab di kantor dan juga di rumah terkadang dapat membuat ayah merasa lelah dan tertekan. Dalam kondisi lelah dan tertekan, akan sulit bagi ayah untuk memikirkan dan menjaga kesehatannya.

Oleh karena itu, ayah perlu mencari alternatif agar tak terjebak pada rasa tertekan dan kelelahan. Salah satu caranya ialah dengan berjalan kaki dan berkeliling di saat jam makan siang. Ayah pun dapat mencoba latihan pernafasan secara rutin untuk menjauhkan diri dari //stress//. Cara lain yang bisa dilakukan ayah untuk menjauhi tekanan ialah dengan menjauhkan pekerjaan kantor, tidak berkutat pada ponsel dan laptop saat berada di rumah.

Olahraga rutin

Olahraga rutin tidak harus dilakukan di gym. Ayah dapat menyisihkan sedikit waktu di pagi hari untuk melakukan olahraga yang ia inginkan di rumah. Beberapa opsi olahraga yang bisa dilakukan di antaranya squat dan juga push up.

Pola makan seimbang

Seorang ayah tidak akan selamanya berada dalam kondisi prima. Seiring berjalannya waktu, ayah perlu menyesuaikan pola makan dengan usia jika ingin mempertahankan kesehatannya. Seiring bertambahnya usia, ayah perlu menjaga pola makan yang seimbang dan kaya akan gizi yang tepat. Di samping itu, ayah juga perlu menjauhi berbagai makanan cepat saji dan juga makanan yang digoreng dalam menu makanan sehari-hari.

Musuhi alkohol dan rokok

Sebagian ayah melihat alkohol dan rokok sebagai salah satu cara meredakan stress. Padahal, dua kebiasaan ini sebenarnya merupakan ancaman terbesar bagi kesehatan tubuh ayah. Beberapa masalah kesehatan yang menghantui ayah jika mempertahankan kebiasaan merokok dan minum alkohol ialah penyakit hati dan juga stroke. Meski sulit, ayah harus berusaha mengurangi dua kebiasaan ini secara berkala. Agar proses menjauhi alkohol dan rokok lebih mudah, ayah bisa mencari pergaulan baru di mana orang-orang yang terlibat di dalamnya memiliki kesadaran tinggi akan kesehatan.

Rutin ke dokter

Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter merupakan langkah yang paling utama. Pasalnya, mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Meski ayah sudah memperbaiki pola makan dan gaya hidup, ada baiknya ayah berkonsultasi mengenai seberapa sering seharusnya ia melakukan pemeriksaan rutin. Melalui pemeriksaan menyeluruh, dokter dapat membantu ayah dalam medeteksi penyakit seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, hingga tekanan darah tinggi lebih awal. Dengan begitu, penyakit-penyakit yang terdeteksi tersebut akan lebih cepat mendapatkan penanganan tanpa harus memberikan dampak negatif bagi kualitas hidup ayah.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Donation Confirmation