AKSI SIAGA BENCANA RUMAH ZAKAT DI GUNUNG BROMO

MALANG. Ahad, (20/2), 6 Amil dan 6 Relawan Rumah Zakat Cabang Malang menyalurkan bantuan untuk warga sekitar Gunung Bromo yang terkena erupsi letusan Gunung Bromo sejak akhir tahun lalu. Saat ini dampak yang ditimbulkan dari erupsi tersebut sangat besar sekali pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari warga Suku Tengger Bromo. Akibat erupsi ini berdampak pada kerusakan rumah warga, aktifitas ekonomi terhambat, lahan perkebunan dan akses jalan rusak berat dan di prediksi 8 bulan kedepan petani sekitar Gunung Bromo dipastikan gagal panen.

Dengan menggalang bantuan dan link jaringan donatur cabang Malang, akhirnya misi ke Bromo ini terlaksana juga. Berawal dari informasi yang disampaikan ke donatur terkumpul bantuan sembako gula sebanyak 100 kg, beras 200 kg, tandon air ukuran 1100 liter, 2 buah dan 650 liter, 2 buah obat batuk dan mata serta masker anti debu. Selain itu tergabung juga  dalam aksi siaga bencana ini, diikuti oleh Klinik Kecantikan Nadya Women Centre, 2 Rumah Sakit Ibu dan Anak, dan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang.

Tim Medis Rumah Sakit AURI, Abdul Rachman Saleh dan Komunitas Jeep TAFT Diesel Indonesia ikut dalam aksi ini. Tim ini berasal dari Malang dan Surabaya. Publikasi kegiatan di dukung  oleh Malang Post dan JTV Malang. Lokasi yang dituju di 4 desa yang terkena dampak Erupsi Bromo, yakni Desa Jetak, Desa Wonotoro, Desa Ngadirejo dan Desa Ngadisari.

Aksi ini dimulai dengan pemberangkatan dari Malang menuju desa tersebut dengan iring-iringan konvoi sebanyak 7 mobil, 2 truk Paskhas, 5 mobil TAFT dan 1 ambulance Rumah Zakat  mengawal kegiatan tersebut. Sesampainya dilokasi tim dibagi 2 tim. Tim 1 di 2 desa, yaitu Jetak dan Wonotoro dengan agenda pengobatan dan pembagian sembako.

Adapun tim 2 di 2 desa kedua yakni Ngadirejo dan Ngadisari. Layanan yang diberikan  air bersih dengan pipanisasi. Support layanan diberikan oleh Rumah Zakat berupa tandon air sebanyak 4 buah dan instalasi pipa dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah.

Anton Suhardi, Perangkat Desa Ngadirejo mengatakan, sangat senang dengan bantuan ini, karena kebutuhan seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh warga Ngadirejo. Bantuan diserahkan oleh  Rumah Zakat  Malang pada 79 KK  di desa yang dituju. Termasuk kehadiran kornet Superqurban untuk support kebutuhan gizi warga desa.  ***

Newsroom/Wahyu Sulistianto Putro
Malang

Tags :
Donation Confirmation