ASYIKNYA BELAJAR IPA DENGAN SESUATU YANG NYATA

ASYIKNYA BELAJAR IPA DENGAN SESUATU YANG NYATA

SEMARANG. Rabu (23/11) siswa kelas 5 SD Juara Semarang melakukan praktik IPA, pada pembelajaran kali ini para siswa mengamati perubahan benda yang disebabkan oleh peristiwa pemanasan, pendinginan, penyubliman, pembakaran, pencampuran benda dengan air, pembusukan dan perkaratan.

Sesuai dengan jumlah penyebab perubahan benda maka Siswa dibagi menjadi 7 kelompok. Setiap kelompok mempresentasikan dan mempraktikkan peristiwa perubahan benda. Selanjutnya, siswa berdiskusi kelompok dengan menuliskan kesimpulan dari kegiatan praktik yang telah dilakukan.

Guru IPA kelas 5 SD Juara menjelaskan bahwa tujuan dari praktik ini adalah untuk menggali pengalaman siswa, “Tujuan dari pembelajaran ini yakni menggali pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari yang pernah mereka amati, dan kemudian dieksplor dalam pembelajaran di kelas” Terang Guru IPA kelas 5 SD Juara saat dimintai keterangan mengenai hal ini.

Nampaknya pembelajaran praktik kali ini membuat siswa terkesan, seperti Ghozy siswa kelas 5 ini mengakui sangat senang belajar IPA “pelajaran IPA ini sangat menyenangkan karena pelajarannya percobaan benda”. tak kalah terkesannya salah satu siswa putri bernama Zahra mengungkapkan testimoni positifnya untuk pembelajran kali ini “Asyik belajar IPA dengan belajar sesuatu yang nyata” kata Zahra antusias.

Newsroom/ Arif Rahman

Tags :
Donation Confirmation