BAHAGIANYA LANSIA SAMBUT PANEN PERDANA KEBUN GIZI BINAAN RUMAH ZAKAT

(Photo: Alms House)

KAB. GUNUNGKIDUL, RUMAH ZAKAT – Rumah Zakat melalui Program Ramah Lansia Jaga Simbah Dari Wabah menggelar panen perdana lele.

Panen tersebut dilaksanakan di Kebun Gizi Pos Lansia Husnul Khotimah di Dusun Jetis Kulon Desa Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (04/7).

Sebanyak 5 orang lansia binaan Rumah Zakat begitu bahagia melaksanakan panen perdana lele dan kangkung yang kedua kalinya ini.

Kegiatan panen ini dipandu oleh Ratno selaku Fasilitator Rumah Zakat Desa Pacarejo. Selain itu, para lansia juga ditemani oleh kader pos lansia, petugas puskesmas Semanu II serta Lurah Pacarejo, Suhadi.

Lele yang dipanen merupakan hasil pembudidayaan dengan konsep Budikdamber atau budidaya dalam ember. Sebanyak 10 dari 15 ember lele pun dipanen karena ukurannya sudah siap konsumsi.

Setiap lansia mendapatkan atau 5 ekor lele dengan berat rata-rata 0,5 Kg. Sedangkan untuk kangkung, masing-masing mendapatkan 2 ikat kangkung.

Istiqomah selaku bidan berharap Kebun Gizi Rumah Zakat di Jetis Kulon ini bisa dikembangkan lebih luas lagi.

Bukan hanya area dan manfaatnya yang diperuntukkan bagi lansia, tapi bisa juga untuk masyarakat yang lebih luas misalnya untuk edukasi menjadi kebun edukasi.

“Kami dari Puskesmas Semanu II berharap kebun gizi ini akan menjadi kebun edukasi untuk masyarakat luas bukan hanya untuk lansia di Jetis Kulon,terima kasih kepada Rumah Zakat yang sudah menginisiasi membuat kebun gizi untuk lansia ini termasuk membina pos lansia hunsnul khotimah,” ucapnya.

Newsroom

Rifai Yusup/Amri Rusdiana

Tags:
Donation Confirmation
en_USEnglish
id_IDBahasa Indonesia en_USEnglish