BANK SAMPAH SOLUSI ATASI MASALAH SAMPAH

Andi Rahmanto

Mungkin ketika Sobat Zakat mendengar istilah “bank sampah” yang terlintas adalah sebuah bank yang kotor dan dipenuhi sampah. Kesan tersebut memang ada benarnya. Namun, pengertian dari Bank Sampah adalah tempat kegiatan jual beli sampah yang dihasilkan tiap rumah tangga. Bank sampah ini kemudian bisa menjadi uang.

Ide Bank Sampah sebenarnya berasal dari seseorang yang bertempat tinggal di Yogyakarta. Ide ini berawal dari keprihatinannya melihat banyak sampah yang berserakan di daerah tempat tinggalnya. Ide tersebut direalisasikan bersama pemuda yang ada di sekitar rumahnya. Ternyata ajakannya disambut hangat oleh para pemuda. Sambutan ini mengatarkannya untuk menyewa tanah kosong untuk dibangun bank sampah. Bangunan ini cukup sederhana, dengan anyaman bamboo sebagai pengganti temboknya. Sistem kerja dari bank sampah tersebut sebenarnya sederhana yakni:
1. menyadarkan masyarakat untuk memisahkan sampah rumah tangga yang terdiri dari botol, plastik dan kertas lalu menjualnya ke bank sampah.

2. Mencari pengepul yang mau memebeli sampah yang telah terkumpul tiap 2 minggu sekali.

Biaya operasional bank sampah diambil dari keuntungan bank sampah tiap bulannya, baik untuk biaya sewa dan biaya gaji para pegawainya. Dengan adanya bank sampah ini masyarakat bisa merasakan hasilnya selain tercapainya pola hidup bersih dan bisa menambah pundi-pundi keuangan keluarga.

Tags :
Donation Confirmation