BEGINI CARA RZ LAKUKAN KADERISASI RELAWAN

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

begini-cara-rz-lakukan-kaderisasi-relawanREPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Relawan dianggap sebagai ujung tombak lembaga kemanusiaan dalam menjalankan program-program kemanusiaan. Salah satu lembaga kemanusiaan yang rutin membuka rekrutmen relawan adalah RZ. Setidaknya dalam setahun, RZ melakukan open recruitment relawan.

Namun, sebelum terlibat aktif dalam berbagai aktivitas RZ, relawan tersebut harus menjalani Pendidikan Dasar (Diksar) selama lima hari. Diksar ini biasanya dilakukan di regional RZ di masing-masing wilayah. Pemberian materi-materi teknis ini dilakukan oleh ahli dari BNPB dan TNI.

Selain pemberian materi-materi teknis, seperti survival atau rescue, para relawan ini juga mendapatkan materi nilai-nilai kerelawanan, termasuk mengenai nilai keikhlasan.

“Kemudian nantinya dia akan banyak terlibat di aktivitas Rumah Zakat. Sehingga dia betul-betul memahami dan mendalami nilai-nilai berbagi, nilai-nilai keikhlasan. Valuenya itu ada di dalam aktivitas-aktivitas tersebut,” ujar CEO RZ, Nur Effendi, saat dihubungi Republika.co.id.

Diksar ini pun menjadi syarat mutlak untuk menjadi relawan RZ. Nur Effendi mengungkapkan, setidaknya hingga saat ini, RZ memiliki 9.000 relawan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. “Jadi setelah diksar, mereka akan dilibatkan di semua aktivitas Rumah Zakat, baik yang reguler ataupun kebencanaan. Di situlah dia akan mendapatkan penguatan, penumbuhan, jiwa kerelawanan, keikhlasan, dan berbagi,” kata Nur.

Sumber:  http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/16/12/31/oj1sdx384-ini-cara-rumah-zakat-lakukan-kaderisasi-relawan

Tags :
Donation Confirmation