BERAPA BULAN SEKALI IDEALNYA MENGGANTI SIKAT GIGI?

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Sikat gigi adalah kebutuhan wajib bagi setiap orang. Sikat gigi berguna untuk membersihkan gigi dan menjaga kesehatan gigi, gusi dan juga area mulut lainnya.

Agar sikat gigi lebih maksimal membersihkan gigi dari segala kotoran yang ada, Anda juga wajib memerhatikan bentuk sikat gigi yang dipakai.

Masalah yang sering muncul, banyak orang tidak memerhatikan waktu kapan Anda harus mengganti sikat gigi yang dipakai. Melanie S. Djamil, profesor sekaligus dokter gigi mengungkapkan bahwa sikat gigi sebaiknya diganti per tiga bulan sekali.

“Idealnya sih diganti tiga bulan sekali,” kata Melanie kepada CNN Indonesia saat acara Formula untuk Indonesia di Jakarta, Jumat (12/6).

“Selain itu, sikat gigi juga harus diganti kalau bulu sikatnya sudah mulai mengembang atau rusak.”

Melanie mengungkapkan, bulu sikat yang rusak ini akan menyebabkan rasa tak nyaman ketika dipakai. Selain rasa tak nyaman, bulu sikat yang sudah mulai rusak ini akan menyebabkan gusi berdarah.

“Bulu sikatnya bisa menusuk gusi dan akhirnya menyebabkan perdarahan di gusi,” ucapnya.

“Namun ini tak berarti jika setiap kali Anda sikat gigi lalu berdarah pasti karena sikat giginya. Bisa jadi juga karena gusi sensitif. Ini harus dicek juga ke dokter.”

Sumber : cnnindonesia.com

Tags :
Donation Confirmation