BERDAYA DENGAN PROGRAM SEDEKAH SAMPAH CIREBON

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

CIREBON, Kamis (12/09). Sampah menjadi masalah yang sangat serius dan menimbulkan masalah sosial, ekonomi, kesehatan, dan budaya di Indonesia. Rumah Zakat berusaha turut andil mengatasi masalah sampah ini dengan menghadirkan program Sedekah Sampah yaitu program pengelolaan sampah berbasis masyarakat dan mengikhlaskan hasil panen sampah untuk keperluan kegiatan kesehatan dan sosial. Dimana masyarakat diedukasi untuk bersedekah lewat sampah, yang hasilnya akan dimanfaatkan oleh masyarakat salahsatunya berupa layanan kesehatan. Program Sedekah Sampah ini merupakan sebuah program dari masyarakat dan untuk masyarakat.

Saat ini di Kota Cirebon, Jawa Barat, Rumah Zakat telah melakukan pengembangan program Sedekah Sampah yaitu dengan warung berdaya, posyandu berdaya dan perpustakaan berdaya.

Banyak manfaat dari program Sedekah Sampah ini, diantaranya dengan Warung Berdaya masyarakat bisa menukarkan sampah dengan sembako. Melalui Posyandu Berdaya masyarakat yang datang ke posyandu sambil membawa sampah bisa menukarkan dengan susu. Selain itu para lansia juga per tiga bulan mendapatkan layanan kesehatan gratis berupa cek tensi, gula darah, asam urat, kolesterol, yang sumber dananya dari sampah yang mereka kumpulkan.

Melalui program pemberdayaan Sedekah Sampah ini, diharapkan dapat menyelesaikan beberapa masalah sekaligus, dan juga menjadikan masyarakat berdaya. Mengubah paradigma dari sampah dibuang menjadi sampah dikelola, sampah sumber masalah menjadi sampah sumber berkah.

Newsroom

Asih Dwi / Hanaa Afifah

Tags :
Donation Confirmation