BERHARAP HUJAN TURUN, SISWA SD JUARA JAKTIM GELAR SHOLAT ISTISQO

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonJAKARTA. Kemarau panjang yang melanda berbagai daerah di Indonesia menimbulkan masalah kesulitan mendapatkan air bersih, mulai dari petani hingga ibu rumah tangga. Para petani harus rela padi yang mereka tanam di sawah gagal panen karena air yang mengalir di setiap irigasi kering.

Demikian pula dengan ibu rumah tangga, mereka harus kerepotan mendapatkan air untuk mencuci baju, mandi, memasak dan aktivitas penting lainnya. Semua orang rindu dengan hujan agar tanah kembali subur dan aktivitas dapat berjalan lancar.

Salah satu cara agar hujan dapat turun adalah dengan mengadakan hujan buatan. Selain itu, selaku manusia yang yakin akan kuasa Tuhan, manusia pun dapat memohon kepada Allah dengan melaksanakan sholat istisqo. Sholat istisqo adalah sholat yang dilaksanakan dalam rangka berdoa kepada Allah agar Allah menurunkan hujan.

Pada hari Senin tanggal 21 September 2015, siswa-siswi SD Juara Jakarta Timur melaksanakan sholat yang pelaksanaan dan tata caranya mirip dengan sholat id itu. Adapun yang bertindak sebagai imam adalah Ust. Muhammad Nur Kosim, guru Tahfizh sedangkan yang menyampaikan khutbah adalah Pak Harie Prianto Risalah, wali kelas III.

Pentingnya dilaksanakan sholat istisqo ini juga berkaitan dengan mencuatnya keprihatinan segenap elemen masyarakat, termasuk SD Juara Jakarta Timur terhadap parahnya kondisi kabut asap yang terjadi di beberapa propinsi di Indonesia. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa kerugian akibat kabut asap tahun 2014 mencapai Rp20 triliun dan perkirakan jumlah kerugian tahun ini akan lebih besar.

Harapan agar hujan segera turun akhirnya terwujud pada sore dan malam hari dengan turunnya hujan di beberapa kota di Indonesia, termasuk sebagian wilayah Jakarta dan wilayah sekitar SD Juara (Cakung). Semua guru dan siswa SD Juara merasa senang dan bersyukur atas nikmat hujan yang diberikan Allah.***

Newsroom/Ahmad Kosasi
Jakarta

Tags :
Donation Confirmation