BERSAMA BAKRIE UNTUK NEGERI, 24 KELUARGA MANDIRI

JAKARTA. Perubahan dari keluarga tidak mampu menjadi mandiri merupakan tujuan dari setiap program pemberdayaan yang dilaksanakan Rumah Zakat Indonesia (RZI). Berbagai upaya pemberdayaan pun dilakukan untuk mendorong percepatan terealisasinya tujuan tersebut. Transformasi from mustahik to muzakki menjadi misi bagi para insan pemberdaya di RZI. Sehingga benar adanya bahwa zakat dan dana kemanusiaan lainnya jika dikelola dengan baik akan memberdayakan.

Dalam usaha menjalankan serta mewujudkan misi tersebut, RZI selalu bersinergi dengan berbagai pihak. Contohnya seperti yang dilaksanakan di wilayah binaan Situgintung Tangerang Selatan. Sejak Juni 2009, RZI bersama Bakrie Untuk Negeri (BUN) menjalankan program pemberdayaan ekonomi bagi para korban bencana.

Dengan sinergi tersebut, sebanyak 50 keluarga telah mendapatkan bantuan, baik berupa modal bergulir syariah, pelatihan motivasi dan kewirausahaan hingga pendampingan usaha. Dengan izin Allah Swt, proses pemberdayaan melalui program tersebut terus menuju kearah yang lebih baik. Hingga kini, 50 keluarga yang sempat kehilangan harta dan mata pencaharian itu, sudah kembali memiliki pekerjaan dan usaha.

Sebagai tolak ukur tingkat keberdayaan setiap keluarga, RZI menetapkan ketentuan berdasarkan nishab zakat. Menurut Herlan Wilandari, Micro Business Officer yang mendampingi 50 keluarga tersebut menuturkan, sebanyak 24 keluarga sudah beranjak mandiri. “Penghasilan mereka melampaui 15% di atas nishab zakat,” ujarnya.

Saat dilakukan peninjauan ke lapangan, adanya peningkatan ini memang wajar. Hal ini di tunjang dengan kondisi di wilayah tersebut yang terus membaik. Berbagai aktivitas sudah berjalan dengan normal, sehingga kegiatan ekonomi di sana mengalami peningkatan. Dengan kondisi ini, para pendamping dari RZI terus memaksimalkan pemberdayaan. Perpaduan Intervensi bisnis dan spiritual terus digalakkan hingga para keluarga yang telah mandiri tersebut pada saatnya dapat berbagi dengan sesamanya dengan cara menunaikan zakat.***

Newsroom/Praguno Aryanto
Regional Jakarta Barat

 

 

Tags :
Donation Confirmation