BERSAMA RZ, MTT GELAR PROGRAM “DOKAR SITE” DI DONOHARJO

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonYOGYAKARTA. Dokar Site (Dokter Keliling Antar Site) merupakan salah satu program kesehatan yang dinisiasi oleh Majelis Taklim Telkomsel Regional Jateng dan DIY bersama RZ. Melalui program ini warga yang berada di sekitar site Telkomsel area Jateng dan DIY dapat menikmati pelayanan cek dan berobat gratis.

Seperti yang terlaksana pada hari Minggu (13/09) bertempat di kediaman bapak kepala dusun site Donoharjo Dusun Sembung RT02/35 Kelurahan Purbowinangun Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Sebelum acara dimulai tim kesehatan menata tempat dan mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang telah dibawa. Ada juga beberapa warga yang ikut membantu dalam menata kursi dan mengecek soundsystem. Tak berselang lama sudah ada warga yang mulai mendaftar. Mereka datang secara bergerombol baik dengan keluarga maupun tetangganya. Pada saat sudah cukup banyak yang berdatangan, acara pun dimulai.

Sambutan pertama disampaikan oleh Pak Untung sebagai perwakilan dari MTT Yogya. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada warga yang telah hadir. ”Perlu diketahui bahwa dana yang dipakai dalam dokar site ini adalah dari zakat penghasilan karyawan telkomsel yang telah terkumpul”. Sambutan kedua dari pak Supeno, ketua RT Setempat. Beliau mengucapkan banyak terimakasih karena ada kepedulian terhadap kesehatan warganya.

Acara berlanjut dengan penyuluhan kesehatan yang mengambil tema PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Setelah mendapat penjelasan, warga diharap untuk bisa menjaga pola hidup keseharian dengan sehat. Setelah penyuluhan selesai acara inti pun dimulai yakni pemeriksaan dan pengobatan. Warga yang hadir hampir sebagian besar adalah manula meskipun ada anak-anak dan orang dewasa yang juga ikut registrasi.

Supaya tidak menjadi kebingungan, warga mendapat penjelasan alur dari panitia. Bagi warga yang dipanggil namanya maju ke meja perawat untuk diperiksa tensi nya, setelah itu berlanjut ke meja dokter untuk periksa atau konsultasi kesehatan, lanjut ke meja metabolic (atas saran dari dokter warga bisa cek gula darah, kolesterol dan asam urat), dan yang terakhir ke meja depo obat ( disini warga menumpuk resep dokter serta menunggu sesaat untuk memperoleh obat). Dan bagi warga masyarakat yang membawa anak kecil akan memperoleh PMT.

Selain tim Telkomsel dari Yogya, Dokar site Donoharjo ini juga dihadiri oleh ketua MTT Regional Jateng & DIY, Agus Triyanto. Beliau juga ikut melihat proses jalannya pemeriksaan dan pengobatan ini. Acara berakhir sekitar pukul 13.00 dengan memperoleh Penerima Manfaat kurang lebih sekitar 93 warga yang terdaftar.

“Semoga kedepannya program-program sinergi MTT dan RZ bisa lebih membantu warga masyarakat sekitar site dan wilayah-wilayah lain di Indonesia. Aamiin,” pungkas Agus.***

Newsroom/Susilowati
Yogyakarta

Tags :
Donation Confirmation