DENGAN KAIN PERCA, WARGA NGARGOREJO RAUP KEUNTUNGAN

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonBOYOLALI. RZ terus menguatkan sinergi bersama relawan inspirasi untuk memberdayakan masyarakat di pedesaaan. Salah satunya ialah dengan memberikan pelatihan pembuatan kerajinan berupa keset dari kain perca untuk masyarakat desa binaan Ngargorejo, Boyolali.

Pelatihan dilaksanakan rutin setiap hari Kamis pukul 2 hingga menjelang waktu ashar bertempat di gedung balai desa Ngargorejo. Masyarakat sangat tertarik untuk mengikuti pelatihan memproduksi keset dari kain perca dengan mendapat bahan baku kain perca yang bisa dipakai untuk membuat keset di rumah.

Bagi yang minat, namun masih belum mempunyai mesin jahit sendiri. RZ menyediakan 3 mesin jahit yang bisa digunakan untuk latihan dan produksi.

Saat ini, telah terbentuk satu kelompok yang akan membantu masyarakat yang ingin latihan menjahit, membutuhkan bahan baku, pengadaan peralatan mesin jahit, sampai pemasaran hasil produksi.
Masyarakat khususnya ibu-ibu, sangat antusias dengan program ini, karena mereka bisa memanfaatkan sela-sela waktu longgar untuk mendapatkan tambahan uang belanja harian.

Bagi yang sudah ikut produksi merasa sangat diuntungkan karena hasil kerja dihargai dua kali lipat dibanding di tempat lain, karena sistem yang berlaku bukan kerja antara majikan dan tenaga kerja tetapi kerjasama kelompok.

Mereka optimis usaha ini prospeknya sangat bagus karena bahan baku yang sangat murah dan mudah didapat, proses pembuatan yang sederhana, dan pemasaran yang sudah siap dalam partai besar. “Program ini dilaksanakan dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendapatkan tambahan penghasilan disamping penghasilan pokok yang sudah ada,” tutur Rico Ayatul Yuza, Project Monev RZ.***

Newsroom/Diki Taufik
Boyolali

Tags :
Donation Confirmation