DO[ERS] VS WATCH[ERS]

Seorang Jendral – Jackson – menemukan dirinya bersama pasukannya berada pada satu sisi sebuah sungai, disaat seharusnya ia berasa di sisi yang lain. Setelah memerintah insinyur-insinyur bawahannya untuk merencanakan dan membangun jembatan agar mereka bisa menyebrangi sungai, ia juga memanggil kusir kereta untuk mengatakan bahwa sangat penting untuk menyeberangkan kereta secepat mungkin ke seberang sungai.

Walau tidak diperintah, sang kusir kereta segera memulai untuk mengumpulkan seluruh batang-batang kayu, batuan, dan jeruji pagar yang bisa ditemukan di sekitarnya dan segera membangun jembatan sederhana. Sebelum siang hari, kusir kereta mengatakan pada sang Jendral bahwa kereta dan pasukan mereka telah berhasil menyeberangi sungai.

Jendral Jackson terkejut dan bertanya pada kusir kereta, dimana para insinyur-insinyur itu dan apa yang sedang mereka lakukan. Pengendali kereta hanya menjawab bahwa mereka, para insinyur itu, ada di dalam tenda mereka sedang menggambar rancangan desain sebuah jembatan, tanpa tahu bahwa kereta telah berhasil menyeberangi sungai.

Dari kisah yang sarat akan hikmah ini dapat disimpulkan tentang tiga macam manusia, ayitu:

  1. Mereka yang berusaha menciptakan sesuatu terjadi (those who make things happen)
  2. Mereka yang mengawasi sesuatu sedang terjadi (those who watch things happen)
  3. Mereka yang tidak tahu bahwa sesuatu sedang atau sudah terjadi (those who don’t know that anything is happening)

Setiap manusia berhak menentukan dimana posisi mereka berdiri, hanya saja posisi itulah yang menentukan keberhasilan dan percepatan pencapaian mereka ke depannya.
Mereka yang berusaha menciptakan sesuatu terjadi (doers) memiliki kesempatan untuk berhasil karena mereka berusaha menyelesaikan masalah-masalah di hadapannya, sehingga kelak mereka bisa dan siap berada pada posisi ke dua yaitu pengawas (watchers).

Mereka yang tidak tahu bahwa sesuatu sedang/sudah terjadi, karena kurang berinteraksi dengan orang-orang di posisi pertama adalah posisi yang paling merugi karena mereka kehilangan kesempatan untuk belajar dan berhasil dalam menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan doers dan sekaligus juga kehilangan kesempatan untuk menjadi watchers karena kurangnya referensi penyelesaian masalah dari orang-orang yang berhasil.

Semoga bermanfaat dan memberi semangat …***

Sumber: http://izhayusmal. wordpress.com

Tags :
Donation Confirmation