EKSPEDISI BHAKTI RELAWAN RZ LAYANI MASYARAKAT

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

ekspedisi-bhakti-relawan-rz-layani-masyarakatBEKASI. Pada Minggu (08/01) Relawan RZ atau Komite Relawan Nusantara (KRN) cabang Bekasi mengadakan Ekspedisi Bhakti Relawan yang kedua, bertempat di Desa Pantai Bahagia, kampung Beting, kecamatan Muara Gembong, kabupaten Bekasi. Rangkaian kegiatan tersebut berupa Siaga Sehat, Indonesia mendongeng, Masjidku Bersih, Penyaluran kornet Superqurban, Siaga Gizi dan Penanaman Mangrove.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja tahunan Relawan RZ cabang Bekasi, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, kerohanian dan lingkungan khususnya kepada masyarakat di daerah belum berkembang dan terpencil.

“Kegiatan ini terselenggara berkat bantuan donatur RZ cabang Bekasi, dimana para donatur menyumbangkan pakaian layak pakai (PLP) yang hasilnya kemudian kami kelola untuk kegiatan ini, serta kreativitas para relawan dalam mengumpulkan bantuan.” kata Iqbal, koordinator Relawan RZ Bekasi. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang relawan yang terdiri dari Relawan RZ cabang Bekasi, Jakarta Timur, Cikarang, Tangerang dan komunitas lain seperti komunitas ALIPBATA (Aliansi Pemuda Pemudi Bahagia Tangguh) dan Savemugo.

Para Relawan menuju lokasi pada pukul 06.00 WIB dengan menggunakan 2 unit mobil tronton, 1 unit ambulance, dan 1 unit kendaraan pribadi. Perjalanan kurang lebih 3,5 jam untuk sampai di kecamatan Muaragembong setelah itu menyeberangi sungai dengan perahu selama kurang lebih 30 menit dan jalan kaki ke lokasi sekitar 40 menit.

Acara dimulai pukul 11.30 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Acara di awali dengan pembacaan surat ayat suci Al Qur’an oleh saudara Beni (Relawan RZ) kemudian sambutan dari komunitas ALIPBATA, bapak Pak Sonhaji (Ketua) yang menuturkan, “Terima kasih kepada KRN sudah bersedia mengadakan kegiatan bakti sosial di desa ini, acara Bakti sosial jarang ada di Desa Pantai Bahagia ini, apalagi penyuluhan kesehatan. Ini sangat bermanfaat bagi kita warga setempat.” ungkapnya.

Setelah itu dilanjutkan sambutan dari koordinator Relawan RZ cabang Bekasi saudara Muhammad Ikbal, dan Savemugo. Dilanjutkan dengan penyerahan kornet Superqurban yang diwakili oleh bapak Sonhaji secara simbolisasi dibukanya acara Ekspedisi Bhakti Relawan dan ditutup dengan doa penutup oleh saudara Febri Yoga (Relawan RZ).

Acara selanjutnya yaitu Siaga Sehat dalam rangka penyuluhan kesehatan berupa cek tensi, pemeriksaan oleh dokter, penyerahan obat-obatan di apotek, sebanyak 103 pasien terlayani. Di tempat berbeda, beberapa Relawan membersihkan Masjid yang berada di lingkungan sekitar dan menyerahkan Alat kebersihan, Al Qur’an dan Mukenah.

Pukul 13.00 WIB dilanjutkan acara Indonesia mendongeng yang bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Mansya’ul Huda acara ini diikuti oleh 63 anak-anak. Diawali dengan senam, ice breaking, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan memasuki acara inti mendongeng yang disampaikan oleh Kakak Wahyu mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar dan mengajak anak-anak untuk menjaga lingkungan. Setelah itu pembagian hadiah dan penulisan pohon harapan yang berisi harapan-harapan anak-anak terhadap lingkungan Muara Gembong diakhiri foto bersama.

Selepas sholat Ashar acara selanjutnya yaitu penanaman 50 bibit mangrove oleh Relawan RZ, komunitas Alipbata, dan Savemugo yang diarahkan oleh Pak Sonhaji. Berdasarkan informasi, Desa Pantai Bahagia terkena abrasi besar-besaran sejak tahun 2008. Abrasi ini diakibatkan oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai. Dengan adanya penanaman mangrove ini diharapkan bisa membangun kembali lingkungan akibat abrasi yang berlebihan dan pembangunan daerah bisa berkembang.

Newsroom/Prasetyaningsih
Bekasi

Tags :
Donation Confirmation