ES SUSU KURMA UNTUK BERBUKA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Menyediakan sajian penuh gizi selama Ramadhan tak selalu mudah. Ketika perut sudah kenyang dengan nasi atau karbohidrat lainnya, anak kerap sulit diajak makan buah.

Salah satu cara menyajikan buah yang mudah adalah dengan mengolahnya sebagai minuman. Untuk penambah gizi keluarga di Ramadhan ini bagaimana dengan meracik Es Susu Kurma.

Resep Es Susu Kurma diracik oleh mixologist restoran Kaum Jakarta, Pius Ebang. Katanya, cara untuk membuat minuman ini sangat mudah. Bahannya juga bisa diperoleh di pasar swalayan terdekat.

“Campurannya pisang, heavy cream, susu plain, susu kental manis, dan sirup kurma,” ujarnya. Cara membuatnya juga sederhana cukup satukan semua bahan dan blender.

Pius pertama memotong satu buah pisang dalam blender. Tambahkan dengan secangkir kecil heavy cream. Setelah itu masukkan susu plain, susu kental manis warna putih, dan susu kental manis rasa cokelat.

Sebelum menambahkan es batu dalam blender, Pius menambahkan sirup kurma. “Sirup kurma dibuat sendiri juga di Kaum,” kata dia.

Untuk membuat sirup kurma, Pius mendidihkan air dengan gula pasir dan kurma yang dibuang bijinya. Setelah kurma meleleh bersama larutan air gula baru matikan api.

Bila sirup kurma sudah jadi tambahkan dalam campuran pisang dan susu serta es batu. Blender hingga semua bahan menjadi satu.

Jika ingin membuat versi yang lebih sehat, menghilangkan susu kental manis dan gula pasir bisa dilakukan. Kurma yang sudah manis akan memberikan rasa yang cukup dalam campuran minuman berbahan pisang tersebut.

Pisang memiliki sederet manfaat. Sebagai sumber vitamin C yang baik, pisang bisa membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang disebabkan kanker. Asupan serat tinggi dari buah dan sayuran seperti pisang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal. Sedangkan kandungan serat, potassium, vitamin C dan B6 pada pisang mendukung kesehatan jantung.

Asupan kalium yang tinggi dari pisang juga terkait dengan penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, dan mengurangi pembentukan batu ginjal. Untuk pengidap diabetes tipe 1, pisang pun menjadi makanan penuh serat yang memberikan kadar glukosa darah yang rendah.

sumber : republika.co.id

Tags :
Donation Confirmation