FIELD TRIP SD JUARA SEMARANG KE YOGYAKARTA

SEMARANG. Menjadi pengalaman pertama untuk SD Juara Semarang mengadakan perjalanan jauh hingga ke luar kota, bahkan luar provinsi. Hari Selasa, 29 November 2011 seluruh siswa melakukan field trip yang telah menjadi program SD Juara. Program ini diagendakan satu semester sekali. Pada semester ini Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi tujuannya.

Tujuan pertama perjalanan ini adalah bank sampah di daerah Bantul DIY, ada 3 pos yang dikunjungi. Pertama, kantor bank sampah, di sini siswa-siswa diajak untuk menyetorkan sampah plastik yang sudah dibawa dari Semarang, ada yang membawa botol air mineral, plastik bungkus, makanan ringan dan sampah plastik lainnya. Seperti layaknya di bank, anak-anak mendapatkan kuitansi penerimaan barang.

Pos kedua, masih di bank sampah pengolahan limbah Styrofoam yang begitu banyak ada di sekitar kita seiring dengan majunya produksi barang-barang elektronika. Styrofoam merupakan limbah yang berbahaya dan tidak mudah terurai di alam, ketika dibakar pun menimbulkan masalah lain yaitu asap yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Di sini Styrofoam dihancurkan sampai sehalus mungkin, kemudian dicampur dengan semen dan air. Campuran tadi dapat dibentuk sesuai dengan keinginan kita dengan menggunakan cetakan. Hasilnya, beberapa benda pakai seperti asbak, pot bunga, patung, replika burung garuda dan lain-lain. Styrofoam di sini bersifat sebagai pengganti pasir agar benda yang dihasilkan memiliki bobot yang lebih ringan dibanding bila menggunakan pasir.

Pos ketiga adalah pos pengolahan sampah plastik. Di sini sampah plastik diolah menjadi berbagai macam tas yang cantik dan fungsional. Pertama, sampah dipilah berdasarkan jenisnya, lalu dicuci kemudian dijahit menjadi bentuk-bentuk yang sesuai keinginan. Dalam pembuatannya, membutuhkan ketekunan dan ketelitian yang besar untuk menghasilkan tas cantik yang bernilai jual. Di sini, sampah plastik yang tidak bernilai, setelah diolah dapat dijual dengan harga yang cukup mahal. Tujuan kedua adalah Kebun Binatang Gembira Loka yang berlokasi di daerah Jl. Kusumanegara Yogyakarta. Diawali dengan makan siang bersama, dilanjutkan shalat dzuhur-ashar dengan jama’-qashar, siswa-siswa begitu menikmati melihat koleksi hewan di kebun binatang yang menurut mereka lebih lengkap dibanding Kebun Binatang Semarang.***

Newsroom/Yulifia Kurnia Putri
Semarang

Tags :
Donation Confirmation