FIELD TRIP SD JUARA SURABAYA

SURABAYA. Mengawali semester genap, para siswa kelas 1 dan 2 SD Juara Surabaya bertandang ke Taman Flora Surabaya, Senin (10/1). Kegiatan ekspedisi flora dan Outbond dalam rangka memompa semangat berprestasi, mengembalikan semangat pasca liburan, dinamika kelompok dan leadership dan cinta lingkungan. Kegiatan ini diikuti oleh 48 siswa SD Juara.

Acara diawali dengan doa untuk kelancaran perjalanan dan apel siaga bersama. Dua mobil pun meluncur dari halaman SD Juara menuju taman flora yang berjarak 8 km dari sekolah. Segala hal yang harus dibawa telah dipersiapkan oleh siswa. Apel pagi ini dikomandoi oleh Furri Kurnia, wali kelas 1 dan Suci Iman, wali kelas 2. Seluruh siswa diberi komando memakai peralatan yang terdiri dari tas kresek berwarna merah dan hitam, pensil, dan pernik flora yang menarik. Sebelum mengelilingi taman flora para siswa diberi tugas untuk menerapkan sikap cinta lingkungan dengan mengambil sampah yang ditemui. Selain itu mereka juga diminta mencatat apa-apa yang ditugaskan sesuai dengan bidang pelajaran. Mereka diminta menulis nama-nama tumbuhan, hewan, dan ciri masing-masing sesuai dengan apa yang diajarkan dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Mereka juga diberi tugas yang sesuai dengan mata pelajaran matematika yaitu menghitung jumlah tumbuhan dan hewan sesuai jenis. Tugas bahasa Inggris yaitu menyebutkan angka dan warna dalam bahasa Inggris.

Kegiatan petualangan dilanjutkan dengan permainan rintangan. Para siswa dilatih keberaniannya dengan mencoba seluruh permainan titian tali, jembatan gantung, titian kayu dan spider web. Seluruh siswa antusias mengikuti permainan yang menantang keberanian tersebut. Permainan ini dilakukan untuk menaikkan keberanian dan ketepatan menentukan strategi. Kekuatan mental dan strategi ini akan diimplementasikan februari nanti dalam Marketday. Acara ditutup dengan tukar kado dan berdoa. “Semoga tahun yang diawali dengan semester genap tahun ajaran 2010 – 2011 ini SD Juara dapat lebih banyak menuai prestasi sebagai bonus atas ikhtiar tulus mencerdaskan muslim di Indonesia,” ujar Yuni Istikhah, Kepala SD Juara Surabaya.***
Newsroom/Herwin Ardianto
Surabaya

Tags :
Donation Confirmation