GERAKAN PANTANG MUBAZIR? BISA!

Setiap tahun Rumah Zakat Indonesia selalu mendapatkan ribuan hewan qurban dari para pengumpul kambing dan sapi. Mekanisme kerjasama yang terjalin antara Rumah Zakat dengan para peternak adalah dengan penawaran untuk menjual sapi dan kambing yang sesuai dengan kriteria. Adapun kriteria yang dipatok oleh Rumah Zakat adalah para peternak yang memiliki kandang, sumber daya manusia (SDM), memberikan perawatan, serta kesanggupan menyediakan hewan qurban dalam jumlah besar.

Beberapa daerah yang dijadikan sasaran pemesanan hewan oleh Rumah Zakat antara lain Kota dan Kabupaten Probolinggo, Kota dan Kab. Pasuruan, Jember, Magelang, Lamongan, Cepu, Tulungagung,  Nganjuk. Setelah di pesan, semua hewan qurban dikumpulkan ke Rumah Potong Hewan (RPH) di Pasuruan yang telah bekerjasama dengan Rumah Zakat pada lima hari sebelum Idul Adha.

RPH berkewajiban untuk merawat hewan qurban sampai saat pemotongan tiba. Pemotongan dilakukan selama tiga hari. Daging dipisahkan dari tulang, kulit, dan jeroannya untuk kemudian dibekukan selama dua hari di CV. Buana Arta Moro, PIER. Kemudian daging tersebut dikirim ke PT. Surya Jaya Abadi Perkasa, Probolinggo untuk dikornetkan.

Setelah sampai di pabrik, daging tidak langsung dikalengkan, tetapi masuk tahap pengecekan kondisinya terlebih dulu. Setelah dipastikan dalam keadaan baik dan tidak busuk oleh tim ahli, daging dimasukan ke dalam rangkaian mesin pemotong. Daging beku tersebut dipotong sebesar kepalan tangan.

Tahap selanjutnya, potongan daging dimasukkan ke dalam bak besar untuk digiling agar lebih halus. Dari penggilingan diteruskan pada proses pematangan serta pencampuran bumbu. Bentuk daging yang telah matang seperti bubur dan bisa langsung dimakan. Kemudian daging yang telah matang dimasukkan kedalam kaleng, dengan berat total 200 gram.

Selanjutnya dilakukanlah pemanasan. Kaleng-kaleng kornet tersebut divakum dalam tabung berukuran diameter 1,5 meter dengan panjang 3 meter. Fungsinya adalah pembunuhan mikroba dalam daging. Setelah itu daging diberi label dan di kemas sehingga siap untuk didistribusikan.***

 

 

 

Tags :
Donation Confirmation