HIDROGEL, ALTERNATIF MEDIA TANAM EKSOTIS ALA BANK SAMPAH PRABUMULIH

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonPALEMBANG. “Semakin berkembangya zaman, semakin banyak pula penemuan-penemuan dan ilmu baru. Hal ini menuntut para fasilitator RZ untuk berinovasi dengan mencari ilmu dan membuka ruang dengan siapapun untuk belajar dan bisa diambil manfaatnya,” tutur Wahyudi, ICD Fasilitator Palembang.

Diwilayah binaannya, Wahyudi berupaya mengolah sampah basah ataupun sampah kering melalui program Bank Sampah yang diberi nama “Bank Sampah Prabumulih”. Atas aktifitasnya tersebut, Wahyudi banyak didatangi oleh para pegiat lingkungan untuk melakukan study banding ke Bank Sampah Prabumulih yang sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari Walikota Prabumulih.

Pada bulan September lalu, Bank Sampah Prabumulih kembali menelurkan program barunya yang inovatif tentunya yakni “Hidrogel”. Hidrogel dapat digunakan sebagai pengganti media tanam, pengharum rumah dan mobil, pelembab ruangan yang kering, menjaga kadar air tanaman dan sebagai dekorasi ruangan.

Hidrogel berbeda dengan jenis jeli mainan anak-anak atau sering disebut telur naruto dll, sebab hidrogel berbahan baku rumput laut sedangkan jeli mainan anak-anak berbahan baku silikon. Oleh sebab itu, Hidrogel amat baik bagi tanaman karena sifatnya yang alami.

“dapatkan segera Hidrogel asli di BSP, harga Hidrogel kering hanya 5000 perak/ bungkus tapi kalau sudah direndam jadinya banyak loh, sedangkan hidrogel basah plus vas cantiknya di bendrol mulai harga 6000 perak saja yaaa,” ungkap Wahyudi selaku fasilitator ICD Prabumulih. (02/10). ***

Newsroom/Diki Taufik
Palembang

Tags :
Donation Confirmation