HINDARI MAKANAN INI SEBELUM TIDUR

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Memiliki tidur yang berkualitas terkadang merupakan sebuah hal yang sulit tercapai. Tidak hanya karena terlalu banyak pikiran sehingga tidur tidak nyenyak, tetapi juga karena Anda mendadak terbangun di malam hari.

Waktu tidur Anda yang kurang nyenyak bisa jadi dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi sebelum tidur. Apa saja makanan dan minuman yang dapat menganggu jam tidur Anda?

Kopi dan Minuman Berkafein Lainnya

Menurut seorang dokter di aplikasi perawatan kesehatan Qured, Amy Bibby, kafein adalah sebuah stimulan. Maka tidak mengherankan apabila ketika Anda meminum kopi sebelum tidur, Anda malah akan terjaga untuk waktu yang cukup lama. Kafein, yang terkandung dalam kopi dan minuman lain, tetap berada dalam tubuh Anda hingga 8 jam setelah Anda meminumnya. Apabila Anda tetap ingin meminum kopi, Bibby menyarankan Anda meminumnya di siang hari.

Alkohol

Alkohol sering membuat Anda mengantuk, tetapi sebenarnya hal tersebut dapat mencegah Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Ketika Anda tidur, hati Anda masih memproses alkohol yang dikonsumsi. Hal tersebut akan membuat Anda merasa tidak tenang dalam keadaan tertidur. “Namun apabila Anda suka minum sebelum tidur, disarankan Anda hanya meminum satu minuman saja,” kata Bibby.

Makanan yang Digoreng dan Berminyak

Makanan-makanan seperti keripik dan makanan cepat saji sebaiknya Anda hindari sebelum pergi tidur. Pasalnya, makanan tersebut membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk dicerna oleh tubuh. Bibby mengatakan bahwa apabila dibandingkan dengan protein dan karbohidrat, sistem pencernaan Anda akan tetap bekerja sementara Anda tertidur lelap karena masih mencerna makanan-makanan tersebut. Hal itu dapat membuat Anda merasa lelah walaupun Anda baru saja bangun dari tidur yang panjang.

Keju

Menurut seorang spesialis tidur di Happy Beds, Joy Richards, pengaruh keju terhadap munculnya mimpi buruk ketika Anda tidur bukanlah sepenuhnya hanya mitos belaka. Hal tersebut dikarenakan keju memiliki lemak yang tinggi, sehingga menyebabkan gangguan pencernaan dan mengganggu tidur Anda. Yang mana memungkinkan Anda untuk cenderung mengalami mimpi buruk ketika tidur Anda terganggu.

Sementara untuk makanan dan minuman yang dapat membuat Anda memiliki tidur yang berkualitas, seorang ahli gizi di aplikasi kesehatan Lifesum, Frida Harju-Westman, menyarankan beberapa yang dapat Anda konsumsi. Di antaranya adalah susu hangat dan pisang.

Produk susu memiliki triptofan yang banyak yang menghasilkan serotonin dan melatonin. Neurotransmitter ini akan membuat otak Anda beristirahat dengan memperlambat transmisi saraf, sehingga membuat susu hangat merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi sebelum tidur. Sementara untuk pisang, buah tersebut mengandung relaksan otot yakni magnesium dan kalium, serta triptofan, dilansir dari laman Express UK.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Donation Confirmation