JIKA IBU MENYUSUI MINUM KOPI, AMANKAH?

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Setelah melahirkan, memberikan ASI eksklusif tentu jadi kebanggaan tersendiri bagi setiap ibu. Seorang ibu yang mampu memberikan ASI untuk buah hati tentu akan merasa bahagia dan juga bangga. Ini karena ASI merupakan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang si kecil.

Saat menyusui tentu asupan makanan ibu harus selalu diperhatikan. Ini dikarenakan apa yang dimakan oleh ibu akan dimakan juga oleh bayi lewat ASI. Nah, ada satu pertanyaan yang sering sekali membuat resah para busui. Ada beberapa ibu yang sebelum hamil sangat hobi minum kopi. Saat menyusui mereka pun ingin menikmatinya. Apakah aman untuk ibu menyusui mengonsumsi kopi?

Mom, kamu sebenarnya tak perlu khawatir karena kamu boleh saja mengonsumsi kopi. Namun, kamu harus tahu jumlah yang pas dan tak berlebihan dalam meminumnya. Ini karena kopi mengandung kafein yang memiliki sifat stimulansia yaitu menjadi zat perangsang tubuh hingga menjadi aktif dan jadi tak bisa tidur. Yang ditakutkan adalah ibu akan kurang istirahat dan nantinya kesehatannya jadi terganggu.

Selain itu kafein yang terlalu banyak ditakutkan mengganggu pencernaan bayi. Ini karena tubuhnya yang masih belum optimal sehingga apabila kandungan kafein banyak masuk ke dalam tubuh bayi akan mengganggu pencernaannya.

Jadi kesimpulannya busui boleh saja mengonsumsi kopi, akan tetapi harus dibatasi jumlahnya agar tak mempengaruhi produksi ASI dan kesehatan si bayi.

 

Sumber: Vemale.com

Tags :
Donation Confirmation