KARENA AKU INGIN MENJADI LEBIH BAIK

Oleh: Budi Riana

Setiap kita pasti merindukan perubahan diri ke arah yang jauh lebih baik. Banyak target dan rencana yang sudah dibuat, tapi mengapa perubahan itu tak jua terjadi? Masalahnya terkadang kita selalu menunggu momentum terbaik untuk berubah. Ada yang menunggu pergantian tahun, ada yang menunggu momen milad, bahkan ada yang menunggu hingga bulan Ramadhan berikutnya dan berbagai momentum lainnya.

Tapi ketika momentum itu hadir, kadang perubahan yang kita idamkan tak kunjung terjadi. Mengapa seperti itu?

Sebenarnya tidak salah memanfaatkan suatu momentum tertentu untuk berubah. Misalnya seorang wanita yang ingin berjilbab. Karena takut dikatakan sok sholeh, jika tiba-tiba berjilbab, maka dia pergi dulu ke luar kota, sepulangnya dari sana dia sudah berjilbab. Dia berharap orang lain akan memakluminya. Atau seorang pemuda yang ingin merutinkan sholat berjamaah di masjid, dia memanfaatkan momentum Ramadhan, karena di bulan Ramadhan sudah lumrah masyarakat sholat berjama’ah di masjid.

Tapi sobat, tahukah bahwa sebetulnya momentum terbaik untuk berubah selalu ada setiap hari? Bahkan di depan mata kita. Perubahan malam menjadi siang, siang berganti malam, itulah momentum terindah yang disediakan Allah SWT untuk hamba-hamba-Nya yang berniat memperbaiki diri secara terus menerus dan berkesinambungan.

“Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur.” (Al Furqan: 62)

Subhanallah, telah berapa kali kita berkesempatan untuk berjumpa siang dan malam? Tentu sepanjang Allah memberi kita waktu di dunia ini. Ketika kita menjumpai pagi hari, tidak ada yang menjamin kita akan bertemu sore hari. Maka segeralah beramal selagi kita mempunyai kesempatan itu. Perubahan yang kita idamkan akan segera terwujud bila kita segera melaksanakannya setahap demi setahap pada setiap pergantian waktu siang dan malam yang Allah SWT karuniakan kepada kita.

Ibnu Umar ra. berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memegang pundakku dan bersabda, ‘Didunia ini, jadilah kamu seperti orang asing atau penyebrang jalan.’ Ibnu Umar ra berkata, ‘Jika kamu di sore hari, jangan menunggu pagi hari; dan jika kamu di pagi hari, jangan menunggu sore hari. Manfaatkan waktu sehatmu sebelum kamu sakit, dan waktu hidupmu sebelum kamu mati.” (H.R. Bukhari)

Sahabat,
Hidup sekali, hiduplah yang berarti
Tiada waktu berlalu kan kusesali
Karena kuingin kita menjadi lebih baik lagi.

Tags :
Donation Confirmation