KINI WARGA BANJAR SERASAN BEGITU PEDULI SAMPAH DAN PEDULI LINGKUNGAN

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonPONTIANAK. “Kami ini sudah tak tahu malu, setiap pulang dari pelatihan atau ada acara di mana saja, selalu saja yang terpikir mengangkut gelas-gelas air mineral untuk ditaruh di bank sampah,” ungkap Halijah, salah satu nasabah Bank Sampah Borneo.

Bank Sampah Borneo usianya memang belum lama. Dan seperti bank sampah lainnya, kendala yang dihadapi juga seputar mindset yang berkembang di tengah masyarakat. Bahwa apalah guna sampah itu dikumpulkan, untuk apa dan siapa? Namun meski begitu, pengurus dan nasabah bank sampah tak ambil peduli, mereka tetap aktif mengumpulkan sampah dari rumah warga dan menempelkan stiker sebagai tanda bahwa rumah tersebut adalah nasabah bank sampah.

Tidak hanya sampai di situ, bank sampah yang diketuai oleh Ismiyatun ini telah dilirik oleh pemerintah daerah setempat dan dijadikan bank sampah percontohan. Mereka bahkan memberikan sebuah mesin komposter yang dapat digunakan untuk membuat pupuk dari sampah-sampah yang telah dikumpulkan.

Selain melalui bank sampah, kepedulian warga ICD Banjar Serasan terhadap lingkungan juga diwujudkan dengan urban farming. Masing-masing warga diberi bibit dan pot untuk menghijaukan halaman rumah mereka. “Sampai sekarang cabai saya masih tumbuh subur, bahkan kalau tetangga mau masak mereka suka datang ke rumah dan tinggal petik,” ujar Rita, salah satu binaan ICD Banjar Serasan.

Wilayah Banjar Serasan memang jauh dari hingar bingar kaum urban dan metropolitan, tapi keberadaannya tak boleh luput dari perhatian. Banyak jalan yang dapat ditempuh untuk terus memberdayakan masyarakat. Dari segala sisi, potensi pemberdayaan tersebut bisa digali. Di Banjar Serasan, RZ telah memulai. Dan pastinya, masih banyak pelosok di wilayah Indonesia juga yang perlu mendapat perhatian. ***

Sumber : RZ Magz Edisi September 2015

Tags :
Donation Confirmation