KRI BANDA ACEH-593 DUKUNG SAIL MOROTAI 2012

JAKARTA.  Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) telah menyiapkan Kapal Perang Republik Indonesia Banda Aceh-593 untuk mendukung pelaksanaan Operasi Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) III Sail Morotai 2012 yang mulai diberangkatkan pada Selasa [28/08].

Kepala Dinas Penerangan Kolinlamil, Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman, melalui siaran pers di Jakarta, Selasa, mengatakan KRI Banda Aceh melaksanakan embarkasi muatan di dermaga Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (25/8) lalu.

KRI Banda Aceh yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Suratun, siap melaksanakan tugas-tugas operasi baik dalam mendukung Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Menurut dia, dalam embarkasi tersebut, KRI Banda Aceh-593 memuat bahan-bahan dan perlengkapan yang akan dipergunakan dalam Operasi Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) III Sail Morotai 2012 dari beberapa kementerian dan beberapa instansi pemerintah.

Kementerian Kesehatan mengirimkan 297 paket sembako dan dua dus obat-obatan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mengirim 2.000 paket sembako, Kementerian Kelautan dan Perikanan sebanyak 30 karton ikan kaleng, 18 koli ikan kering, dua dus poster gemar makan ikan.

Sedangkan Kementerian Sosial mengirim satu unit kendaraan Panther,  satu unit Ford Ranger serta Kementerian Agama mengirim empat dus buku-buku Katolik. Sementara itu, BKKBN mengirim 49 dus buku-buku Keluarga Berencana (KB), Perpustakaan Nasional delapan dus buku-buku.

Pertamina 76 koli alat-alat sekolah dan olahraga, Dinas Pekerjaan Umum kendaraan Dum Truk dua unit, kendaraan tangki air tiga unit, truk sampah tiga unit, kendaran beko (looder) dua unit, truk PS satu unit. Juga Bakor Sutanal mengirim 104 lembar peta, Bank Indonesia 7 unit genset, Perum Bulog 1.056 karung sembako, dan Rumah Zakat 581 karung paket sembako.

“Kegiatan Operasi Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) III Sail Morotai 2012 yang menggunakan kapal perang adalah sebagai wujud dalam membantu menyukseskan program-prorgam pemerintah dalam membina, membentuk karakter pemuda Indonesia yang mempunyai wawasan kebaharian, kepemimpinan dan nasionalis,” kata Kadispen Kolinlamil.

Pemerintah telah menyelenggarakan kegiatan “Sail” sejak tahun 2009, dimulai dengan Sail  Bunaken 2009, Sail Banda 2010, dan Sail Wakatobi – Belitong 2011.

Pulau Morotai yang seringkali disebut sebagai ‘East Indonesia Paradise’, merupakan pesona kecantikan timur Indonesia dengan daya tarik wisata alam bahari yang sangat mempesona serta keragaman dan keunikan biota laut.

Selain itu Morotai sering juga disebut sebagai Morotai The Memory Island (Morotai Pulau Kenangan), karena pada saat Perang Pasifik (Perang Dunia II), Morotai dua kali mengalami pendudukan tentara asing. Jepang pada 1942 di bawah pimpinan Jenderal Kawashima, serta tentara Sekutu pada 1944 di bawah komando Jenderal Douglas McArthur.***

Newsroom/beritasore.com

Sumber: http://beritasore.com/2012/08/28/kri-banda-aceh-593-dukung-sail-morotai-2012/

Tags :
Donation Confirmation