LIFE SKILL “MEMBUAT HANTARAN PENGANTIN” UNTUK ORANG TUA JUARA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

JAKARTA (26/09). SD Juara Jakarta Barat binaan RASBI Bank Indonesia dan Rumah Zakat menggelar Parenting dengan tema “Pelatihan membuat hantaran pengantin” di Mushollah Hasbiallah, Rabu (26/09) pukul 08.00-10.30 WIB.

Kegiatan Parenting yang diisi dengan pelatihan plus lomba membuat hantaran pengantin tersebut terbagi dalam enam kelompok berdasarkan kelas. Maemunah bunda Inka membuka acara pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan dengan sambutan dari Darmoko, ketua komite dan Mohamad Salahuddin, kepala SD Juara Jakarta Barat.

Sebelum praktek membuat hantaran pengantin, para orang tua diberikan pembekalan secara teori terlebih dahulu dengan materi seputar hantaran pengantin oleh Azizah ummu Nada (Wali murid Kelas VI). Kemudian para wali murid berkumpul bersama kelompoknya sesuai dengan kelas masing-masing dan mulai membuat hantaran pengantin. Bahan-bahan dasar seperti mukenah, kain batik, sprei, handuk dan hiasan telah disiapkan dari rumah.

Wali murid yang sudah terbiasa membuat hantaran pengantin menjadi leader dari masing-masing kelompok, ada yang membuat hantaran berbentuk pasangan pengantin, burung merak, beruang, kelinci dan lain-lain. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan keahlian yang bisa dijadikan usaha untuk menghasilkan pendapatan atau membantu membuat hantaran pengantin bagi sanak familinya sendiri.

“Tujuan parenting bulan ini adalah memberikan Life Skill membuat hantaran pengantin untuk para orang tua murid agar mereka bisa menerapkan ilmu yang didapat untuk membuka usaha atau membantu keluarga dan teman-temannya dalam mempersiapkan hari bahagianya,” ujar Rizki Setiawan, LSU SD Juara Jakarta Barat.

Selama proses pembuatan hantaran, Azizah Ummu Nada dan Bunda Dafira melakukan penilaian terhadap kerja tim dari masing-masing kelompok. Pukul 10.00 WIB baru dilakukan penilaian terhadap hasil kreasi yang telah jadi sempurna. Juara I diraih oleh kelas I, Juara II diraih oleh kelas IV dan Juara III diraih oleh kelas VI.

Salah satu orang tua murid, mengaku baru pertama kali mengikuti pelatihan semacam itu, dan merasakan manfaatnya. “Ini pertama kalinya saya mengikuti pelatihan hantaran pengantin. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena suatu saat bisa membantu orang lain membuat hantaran. Mudah-mudahan ilmunya nanti bisa menularkan ke yang lainnya,” ujar Bunga Ayu, Wali murid kelas I.

Newsroom
Wiwid Widayanti /Lailatul Istikhomah

Tags :
Donation Confirmation