LIMA FAKTA UNIK TENTANG PEMILIK TANGAN KIDAL

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Penggunaan tangan kiri atau kidal tidak hanya sekedar mempengaruhi cara seseorang menulis atau mengenakan jam tangan. Lebih dari itu, para ahli menilai bahwa otak dan tubuh pengguna tangan kiri juga mungkin beroperasi secara berbeda dengan pengguna tangan kanan.

Terlepas dari itu, pengguna tangan kiri yang mencapai 10 persen dari total populasi di dunia ini juga memiliki berbagai fakta menarik yang sayang dilewatkan. Berikut ini ialah lima fakta menarik dari pengguna tangan kiri seperti dilansir Health.

Lebih Banyak Pada Anak Kembar
Kecenderungan menggunakan tangan kiri lebih banyak ditemui pada anak-anak kembar. Anak kembar memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk memiliki kecenderungan tersebut jika dibandingan anak-anak yang tidak lahir kembar.

Menguntungkan Dalam Olahraga

Menjadi kidal memiliki keuntungan tersendiri dalam permainan dan pertandingan olahraga. Biasanya, para pengguna tangan kiri dapat mendominasi dalam pertandingan tennis, tinju, dan juga melempar bisbol. Alasannya, pengguna tangan kiri berlatih dengan lawan pengguna tangan kanan sehingga terbiasa untuk berhadapan dengan pengguna tangan kanan. Di sisi lain, mereka juga cepat beradaptasi ketika mendapatkan lawan sesama pengguna tangan kiri.

Risiko Kanker Payudara Lebih Besar

Terlepas dari keunggulan dalam berolahraga, kecenderungan kidal juga memiliki sisi yang merugikan. Penelitian menemukan bahwa pengguna tangan kiri memiliki risiko yang lebih besar terhadap kanker payudara dibandingkan pengguna tangan kanan. Risiko ini menjadi lebih besar ketika pengguna tangan kiri wanita sudah mengalami menopause.

Sulit Tidur
Kecenderungan kidal juga berkaitan erat dengan masalah tidur. Dalam sebuah penelitian, 94 persen pengguna tangan kiri mengalami pergerakan anggota tubuh yang mengganggu saat tidur. Angka tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan persentase pengguna tangan kanan yang mengalami hal serupa saat tidur, yaitu 69 persen.

Masalah Kesehatan Mental

Di samping kesehatan fisik, pengguna tangan kiri juga memiliki risiko terhadap masalah kesehatan jiwa atau mental. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 40 persen dari penderita skizofrenia merupakan pengguna tangan kiri atau kidal.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Donation Confirmation