LPPM UPN VETERAN YOGYAKARTA TERTARIK PADA POLA PEMBERDAYAAN RUMAH ZAKAT

YOGYAKARTA. Pola pemberdayaan terintegrasi yang digulirkan melalui program-program Rumah Zakat mulai dilirik oleh beberapa civitas akademika di Yogyakarta. Tak jarang universitas baik negeri maupun swasta menjadikan Rumah Zakat sebagai sumber informasi, pemateri atau sumber data bagi penelitian-penelitian LPPM-LPPM kampus. Takterkecuali bagi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Yogyakarta.

Diwakili oleh Edi Susilo dan Eny Puji Astuti, LPPM UPN Veteran Yogyakarta, Rabu (2/3) melakukan silaturahim ke kantor Cabang Rumah Zakat yang diwakili oleh Head of Region (HoR) Jateng-DIY Awal Purnama, Member Relationship Officer (MRO), Godean Zaenal Abidin. Tujuan dari silaturahim tersebut adalah mewacanakan pola kerjasama atara Rumah Zakat dengan LPPM UPN Veteran Yogyakarta dalam meningkatkan kualitas masyrakat.

Edi Susilo yang juga dosen Ilmu Komunikasi UPN mengatakan bahwa pola pemberdayaan Rumah Zakat menjadi perhatian khusus dirinya secara pribadi dan juga di kalangan instansi LPPM UPN Veteran Yogyakarta. “Saya memperhatikan secara pribadi, karena saya juga donatur Rumah Zakat. Ibu Eny juga,” ujarnya. Edi menjelaskan bahwa sebelumnya LPPM UPN Veteran Yogyakarta sudah mempunyai desa binaan di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. “Mulai tahun depan, kita merencanakan akan menambah wilayah binaan di Jogja, namun berencana untuk bekerjasama dengan Rumah Zakat dalam pengelolaannya,” tambahnya.

Gayung pun bersambut, saat Awal Purnama dan Zaenal menceritakan lebih rinci program Rumah Zakat sekaligus mengenalkan Integrated Community Development (ICD) baru di wilayah Godean yang bisa menjadi wilayah binaan yang dikerjasamakan. “Potensi lokal di Godean sangat banyak, seperti peternakan, perikanan, industri kecil dan kerajinan. Pola pikir masyarakat pun terbuka untuk menerima hal-hal baru,” ujar Zaenal. Mengetahui hal itu, meski baru berencana tahun depan, LPPM UPN Veteran Yogyakarta akhirnya bersedia mensuppport untuk pendampingan warga binaan atau sebagai pemateri dalam sekolah-sekolah bisnis yang diadakan Rumah Zakat. Tak hanya itu, menurut Edi juga siap membantu sarana usaha. “Ya untuk tahap awal, kita bantunya kecil-kecilan dulu,” ujarnya bersahabat.

Peningkatan kapasitas SDM funding pun siap disupport LPPM UPN Veteran Yogyakarta. Edi Susilo yang dosen komunikasi menawarkan SDM Rumah Zakat untuk mendalami ilmu komunikasi dan relationship melalui workshop ataupun seminar-seminar singkat tentang hal tersebut. “Mungkin bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan berkomunkasi ke donatur dan mitra,” ungkap Edi yang langsung disambut positif oleh Awal Purnama. Baik Edi maupun Awal berharap agar wacana kerjasama ini bisa segera terwujud mengingat tujuan LPPM UPN Veteran Yogyakarta dengan Rumah Zakat tidaklah jauh berbeda yakni untk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pola pemberdayaan produktif.***
Newsroom/Muhammad Zahron
Yogyakarta

Tags :
Donation Confirmation