MAJELIS TAKLIM TELKOMSEL GELAR PENGOBATAN GRATIS DI PEKANBARU BERSAMA RZ

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

MAJELIS TAKLIM TELKOMSEL GELAR PENGOBATAN GRATIS DI PEKANBARU BERSAMA RZPEKANBARU. Pada Ahad (31/07) Klinik Pratama RBG RZ Pekanbaru bersinergi dengan Majelis Taklim Telkomsel (MTT) mengadakan Siaga Sehat Pengobatan Gratis di Perumahan Graha Kualu payung Sekaki jalan Kubang Raya, Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 wib diawali dengan kata sambutan perwakilan MT Telkomsel Sumbagteng, Priandoko. Dalam sambutannya, Priandoko mengatakan terima kasih kepada warga graha Kualu Payung Sekaki Kubang Raya yang telah hadir pada hari ini. Kegiatan ini merupakan salah satu program MT Telkomsel Sumbagteng untuk memberikan layanan pengobatan gratis langsung ke pemukiman masyarakat.

“Terima kasih kepada MT Telkomsel yang telah mengadakan pengobatan gratis ini di lingkungannya dan mengajak masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya pada hari ini serta masyarakat harus menjaga ketertiban selama kegiatan pengobatan gratis ini berlangsung.” ungkap bapak Temi selaku Ketua RT 1 dalam sambutannya.

Dalam kesmepatan tersebut diberikan pula penyuluhan kesehatan oleh Bu Fiona Windika dari Klinik RBG RZ Pekanbaru mengenai waspada DBD. “Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti. Untuk saat ini obat untuk masalah virus pun belum diketahui secara tepat. Tetapi yang pasti, daya tahan tubuh yang kuat menjadi benteng terhadap serangan virus. Dengan daya tahan tubuh yang kuat satu gigitan bukan berarti kematian.” paparnya.

Demam Berdarah Dengue adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue, dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina (domina) dan beberapa spesies Aedes lainnya.

Berikut pencegahan DBD yang dapat dilakukan oleh masyarakat:
1. Perhatikan kondisi lingkungan dan kebersihan rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti.
2. Mengikuti anjuran melaksanakan gerakan 3M: Menutup rapat-rapat bak mandi, Menguras bak mandi setidaknya 1 minggu sekali, dan Menimbun barang tak terpakai seperti kaleng atau wadah kososng (pot, vas bunga, ember, dsb) agar nyamuk tidak bertelur di dalamnya.
3. Mengoleskan repelant atau lotion anti nyamuk (terutama pada anak-anak). Harus lebih diperhatikan atau ditekankan apabila Anda bertempat tinggal di lingkungan yang meriwayatkan banyak penderita Demam Berdarah Dengue.
4. Lihat jendela dan pintu Anda, jangan biarkan ada lubang kecil yang berpotensi membuat rumah Anda menjadi sarang nyamuk.
5. Pastikan pula ventilasi udara dipasang penyaring untuk menjaga masuknya nyamuk atau serangga lain ke dalam rumah.
6. Apabila Anda mempunyai anak kecil yang masih dibawah umur, bisa menggunakan kelambu (anti nyamuk) di tempat tidurnya agar tidak terkena gigitan.
7. Tutup tempat sampah yang sudah tak terpakai, kalau perlu dibuang saja agar tidak memperkeruh suasana rumah.
8. Jika ada wadah kosong yang masih terpakai namun sedang tidak dipakai, lebih baik dibalikkan agar tidak menjadi genangan air.
9. Jika perlu, Anda bisa menanam tanaman tulasi di dekat jendela rumah. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menjauhkan nyamuk.

Warga sekitar menyambut aksi Siaga Sehat MTT ini dengan sangat antusias dan mengharapkan aksi siaga sehat berikutnya. Kegiatan ini dinilai warga sangat bermanfaat dan membantu warga sekitar.

Newssroom/Tri Anwarrudin
Pekanbaru

Tags :
Donation Confirmation