MENERJEMAHKAN VISI DENGAN INOVASI

Salah satu inti dari manajemen adalah perencanaan. Siapa bisa merencana dengan baik pada dasarnya telah memenangkan 50% dari bisnis atau usaha itu sendiri. Allah saja ketika hendak menciptakan manusia juga menggunakan rencana, bahkan kemudian kita melalui Al Quran bisa membaca \”sosialisasi\” rencana tersebut dalam forum bersama jin dan malaikat.

Malaikat pada forum ini sempat mengkonfirmasi rencana tersebut, iblis apalagi, tak hanya menggugat tapi malah membantah seakan lebih tahu dari Yang Maha Tahu. Konfirmasi Allah sederhana, “Aku lebih tahu dari apa yang kalian tahu”. Ini artinya kekuatan perencaan terletak pada kemampuan membaca visi jauh ke depan bahkan mungkin di kala banyak orang belum percaya keberhasilan rencana tersebut.

Disinilah pentingnya kita untuk memperluas wawasan, semangat dan cinta akan ilmu. Ada sebuah pepatah Arab, “Nishfu ‘aqlika, fi akhiika”, setengah akalmu ada pada saudaramu. Dalam istilah manajemen sekarang kita kenal istilah Benchmarking, studi banding dan sejenisnya. Demikian mungkin dengan program Superqurban ini. Sembilan tahun yang lalu program ini masih sangat asing di Indonesia, tapi kami belajar dari Turki & Australia yang sangat sukses dalam optimalisasi produk pangan.

Semoga inovasi ini bisa semakin diterima masyarakat dan solutif sebagai bagian dari memperkaya nilai mutu ibadah.

 

Tags :
Donation Confirmation