MENGAPA MATA PERLU MELIHAT YANG HIJAU-HIJAU?

Mengapa-Mata-Perlu-Melihat-yang-Hijau-hijauPernah dengar pernyataan bahwa untuk menjaga kesehatan mata, perlu sering-sering melihat yang hijau-hijau?

Tentu hijau yang dimaksud bukanlah uang, meskipun melihat segepok uang dolar memang bisa menyegarkan mata bagi beberapa orang, akan tetapi warna hijau yang dimaksud lebih ke benda-benda alam seperti rumput, pohon, dedaunan.

Memang apa sih manfaatnya melihat yang hijau-hijau? Memang belum ada penelitian yang menjelaskan hubungan antara warna hijau dengan kesehatan mata, tapi ternyata ini ada hubungannya dengan panjang gelombang warna hijau terhadap mata, dan juga efek warna hijau terhadap tubuh.

Warna hijau memiliki panjang gelombang di tengah-tengah, tidak tinggi dan tidak rendah sehingga dapat diterima mata dengan baik. Ketika mata kita melihat sesuatu yang berwarna hijau, mata kita tidak memerlukan penyesuaian apapun sehingga kita menjadi nyaman dan tenang saat melihatnya.

Sedangkan berdasarkan ‘psikologis warna’, dijelaskan bahwa warna hijau memiliki arti keseimbangan yang membawa keseimbangan emosi, menyegarkan mata dan pikiran, serta menenangkan. Warna hijau cocok untuk dilihat oleh orang-orang yang sedang merasa stres, tegang, atau butuh menyeimbangkan emosi.

Jadi buat Anda yang sedang stres atau kelelahan karena bekerja di depan layar monitor. Setelah mata bekerja sekitar 2 jam dan terasa agak sepat, coba luangkan waktu sekitar 5 menit untuk mengistirahatkan mata dengan melihat pepohonan yang letaknya jauh, atau dedaunan hijau segar yang bisa mengembalikan keseimbangan tubuh. Aktivitas tersebut dapat diulangi setiap 2 jam agar mata selalu segar dan terjaga kesehatannya.

Selain itu, memandang benda yang terletak jauh dimaksudkan agar lensa mata kita bisa bersantai setelah selama sekian jam terus bekerja melihat layar monitor di depannya. kombinasi warna hijau dan jarak jauh ini dapat menjaga kesehatan mata sehingga akan terus sehat dan dapat bekerja dengan optimal tanpa bantuan kacamata, insya Allah.

Sumber: ummi-online.com

Tags :
Donation Confirmation