MENILIK PEMBERDAYAAN DI WILAYAH PERKOTAAN

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Memasuki salah satu wilayah binaan MDI dan RZ yakni ICD (Integrated Community Development) Lingkar Selatan Kota Bandung, layaknya memasuki kawasan perkotaan pada umumnya. Rumah yang berdekatan di dalam kompleks serta lalu lalang kendaraan yang cukup padat menjadi pemandangan biasa setiap waktunya. Pun di Bandung sekarang, memiliki taman di depan rumah seperti sesuatu yang diharuskan. Segala aktivitas yang dilakukan masyarakat harus bisa diselaraskan dengan program peduli lingkungan. Maka tak aneh, jika di depan rumah terdapat deretan pot bunga maupun sayuran yang ditanam oleh warga.

Sebanyak 20 orang warga di sekitar ICD Lingkar Selatan sekarang menjadi Penerima Manfaat bidang ekonomi. Sebagai daerah yang dekat dengan pusat kota Bandung, kebanyakan dari warga binaan mempunyai pekerjaan sebagai pedagang. Mulai dari gorengan yang menggunakan gerobak, warung bakso yang ramai di pertigaan jalan hingga usaha jahit rumahan. Selain itu, MDI dan RZ juga bekerja sama dengan karang taruna untuk pembuatan taman dan tempat pencucian motor yang dikelola oleh mereka.

“Alhamdulillah tempat pencucian motor ini bisa tereksekusi, lumayanlah buat ngisi waktu anak-anak karang taruna setelah pulang sekolah, keuntungannya akan dibagi untuk RZ dan karang taruna,” Iman Somantri, Ketua Karang Taruna Lingkar Selatan menjelaskan.

Posyandu balita juga rutin diadakan di pekan ketiga dan posyandu lansia di pekan keempat setiap bulannya. Sebanyak 70 balita dan 30 lansia tercatat sebagai member yang secara rutin mengecek kesehatannya pada dokter di Posyandu Melati ini. Halimah, nenek berusia lebih dari 70 tahun mengaku cukup rutin datang memeriksakan kesehatannya sebulan sekali di posyandu lansia. “Iya, saya sering ke sini, soalnya nggak mesti ngeluarin uang dan bisa dapet obat gratis,” ungkapnya.

Di bidang pendidikan, wilayah ICD Lingkar Selatan mempunyai 19 anak asuh yang mendapat Beasiswa Ceria dan pembinaan rutin oleh para mentor. Pembinaan dilaksanakan dua kali dalam sebulan dengan agenda pemberian materi dan terkadang diselingi outing untuk refreshing bagi anak-anak binaan. Sedangkan untuk bimbingan belajar biasa dilaksanakan setiap sore di Balai Bina Mandiri untuk anak-anak di sekitar wilayah ICD.***

Newsroom/Yosef
Bandung

Tags :
Donation Confirmation