MOBIL KLINIK BERAKSI DI LAPAS ABEPURA

JAYAPURA. Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat bersama Rumah Zakat cabang Jayapura menggelar aksi Siaga Sehat di Lapas Abepura, Sabtu (4/12). Kegiatan kali ini digelar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Abepura. Meskipun mengambil lokasi di Lapas, namun tak mengurangi sedikitpun semangat tim Rumah Zakat dan Relawan yang turut membantu.

Ada suasana yang berbeda ketika pertama kali Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat memasuki area Lapas yang disambut dengan kamera pengintai (CCTV) di beberapa sudut halaman parkir Lapas Abepura. Seperti layaknya area militer, suara tegas dan lantang menyambut tim Rumah Zakat ketika melapor. Seluruh personil dan bawaan tim Rumah Zakat pun tak luput dari pemeriksaan petugas keamanan Lapas. Dengan pengamanan yang ketat, tim Rumah Zakat yang dikawal oleh 4 petugas Polisi pengamanan Lapas ternyata telah ditunggu oleh para narapidana (napi) yang berkumpul di area pembinaan tahanan dan napi.

Wajah sangar dan tatapan tajam, itulah hal pertama yang dihadirkan oleh para napi saat itu. Namun seiring pengobatan berlangsung, justru keakrabanlah yang dihadirkan oleh para napi dan tahanan yang dipanggil satu per satu oleh petugas Lapas yang berjaga di dekat Tim aksi ini. Penyakit yang menjadi mayoritas napi di Lapas Abepura ini adalah ISPA, penyakit kulit, alergi, serta anemia. Kegiatan yang digelar sejak pagi hingga siang ini berjalan lancar dan mendapat sambutan luar biasa dari Kepala Lapas beserta jajarannya. “Saya berharap kegiatan aksi Siaga Sehat ini dapat berlanjut lagi setidaknya sekali dalam sebulan,” ungkap Kepala Lapas.***

Newsroom/Dewi Arika Riring
Jayapura

Tags :
Donation Confirmation