MTUA REKAYASA INDUSTRI DAN RZI INISIASI RUMAH KREATIF

JAKARTA. Hambatan yang sering dirasakan masyarakat kurang mampu adalah tidak memilikinya keterampilan yang memadai sebagai penopang hidup. Oleh karena itulah Rumah Zakat Indonesia (RZI) dan Majelis Taklim Ulul Albab (MTUA) PT. Rekayasa Industri memiliki rencana menginisiasi program Rumah Kreatif. Hal itu dibicarakan pada pertemuan keduanya, Selasa (26/1).

Rumah Kreatif merupakan program pemberdayaan dalam bidang kerajinan tangan. Program tersebut sejalan dengan pencanangan pemerintah di tahun 2009 sebagai awal tahun Ekonomi Kreatif dalam berbagai bidang. Bidang kerajinan tangan adalah salah satu bagian dari penciptaan ekonomi kreatif dan sekaligus sebagai alternatif penopang kehidupan masyarakat terutama bagi para UKM dan produsen rumahan (Home Industri).

Nantinya Program Rumah Kreatif ini dilaksanakan secara terintegrasi meliputi pelatihan keterampilan kerajinan tangan dengan berbagai bahan dasar, pelatihan motivasi dan kewirausahaan, pemberian modal bergulir melalui koperasi Syariah Mozaik, pengembangan dan inovasi produk, serta pendampingan usaha mikro yang dilaksanakan melalui KUKMI (Kelompok usaha kecil mandiri). Pendampingan pemasaran/promosi sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima pasar.

Menurut Herlan Wilandari, Micro Business Officer (MBO) RZI Jakarta Barat, program Rumah Kreatif ini diharapkan dapat menjadi solusi dan upaya nyata guna melahirkan masyarakat yang mandiri, kreatif dan produktif.***

Newsroom/Praguno Aryanto
Regional Jakarta Barat

Tags :
Donation Confirmation