PANEN LELE DI ICD CENTRE LAMPER TENGAH

SEMARANG. Setelah sekian lama menebar benih lele, akhirnya Membership Relation Officer (MRO) ICD Centre Lamper Tengah Semarang Ucu Sutrisno memanen hasilnya, Selasa (12/1). Hujan gerimis sore itu tidak mengendorkan semangat para relawan untuk menguras habis kolam gantung yang berisi ratusan ikan lele dumbo siap panen.

Ada tiga kolam gantung yang telah dibuat dan berada di kompleks ICD Center Lamper Tengah. “Dari ketiga kolam tersebut baru satu kolam yang difungsikan” jelas Ucu.

Program bertani lele dengan kolam gantung lumayan menguntungkan. Terlebih program ini terselenggara berkat program pemerintah melalui Dinas Perikanan Kota Semarang. Menurut dia berbisnis lele cukup menjanjikan. Dengan modal minim, dapat dihasilkan keuntungan yang belipat.

“Angka hidup dari jumlah benih lele minimal bisa 70 %, bahkan lebih tinggi lagi karena lele sanggup bertahan hidup,” tutur Ucu. Dia pun menambahkan jika pemeliharaannya bagus, maka dalam waktu 3 bulan sudah bisa dipanen.

Budidaya lele metode kolam gantung pernah popular dan sangat cocok dilakukan di daerah perkotaan yang minim lahan. Konsepnya minimalis, tanpa membutuhkan semen ataupun batu bata. Artinya bukan merupakan bangunan permanen dan bisa dibongkar pasang sewaktu-waktu. Modalnya pun hanya beberapa bilah bambu, plastik terpal serta sedikit paku atau tali.***

Newsroom/Sigit WardonoRegional Jawa Tengah

 

 

Tags :
Donation Confirmation