PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN RUMAH TANGGA DI DESA BERDAYA SEWAKA PEMALANG

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

PEMALANG (20/11). Menjadi wirausaha tentunya perlu dilatih dengan baik. Pengetahuan tentang peluang usaha, produk yang akan di pasarkan, atau target pasar penjualan, hal tersebut haruslah direncaakan dengan sebaik-baiknya. Rumah Zakat dan Fasilitator Desa Berdaya mengadakan pelatihan mengenai pentingnya pengetahuan kewirausahaan di Desa Berdaya. Pelatihan yang bertajuk ‘Sukses dari Rumah’ ini dilaksanakan di Desa Berdaya Sewaka Pemalang, Jawa Tengah pada 20 November 2018 yang lalu.

Acara kali ini diselenggarakan di rumah Fasilitator Desa Berdaya dengan menghadirkan Mba Nung sebagai pemateri. Mba Nung selaku owner Restu Ibu Catering yang sudah memiliki pengalaman bagaimana memulai usaha dan sukses dari rumah.

Acara pelatihan ini berjalan lancar dengan semangat dan antusias warga memerhatikan materi yang disampaikan. Pada acara ini diawali dengan sambutan Bapak H.Kasnap,S.Pd selaku tokoh masyarakat di Kec. Pemalang.

Beliau mengungkapkan dukungannya, “dalam Islam tidak ada larangan seorang perempuan sukses berbisnis asal tidak melanggar syariat atau aturan agama dan mendapat ijin dari suami.” Ujar Kasnap.

“Bahwa para muslimah sesungguhnya sudah memiliki role model sosok perempuan sukses berbisnis yakni Khadijah as yang tidak lain adalah istri Nabi saw. Dengan kesuksesan seorang istri bernama Khadijah as. membuat dakwah Rasulullah saw banyak dibantu olehnya.” Tambah Kasnap menjelaskan dalam aspek agama.

Pemberian materi tentang pencatatan keuangan juga disampaikan oleh pemateri. Karena menurut narasumber bahwa persoalan inilah yang sering diabaikan oleh pelaku usaha kecil/rumah tangga yang mengakibatkan tidak diketahuinya omzet,laba bahkan kerugian usaha.

Kemudian diakhir acara pemateri berbagi resep kuliner dengan mengajarkan anggota cara membuat makanan khas dari kota Pemalang yakni Kue Kamir.

Pada sesi penutup, Mba Nung yang memiliki nama asli Nur Anisa berpesan pada hadirin, “Jadilah perempuan atau muslimah mandiri karena sesungguhnya kesuksesan bisa diwujudkan dari dalam rumah.” begitu kata Mba Nung.

Novi salah satu anggota yang hadir tidak henti-hentinya mengucapkan terimakasih kepada Rumah Zakat dan Restu Ibu Catering yang telah mengadakan acara ini dan berbagi ilmu.

Newsroom
Silvia Zakiah Itsnaini

Tags :
Donation Confirmation