PENDAMPINGAN BUDI DAYA IKAN LELE TERHADAP MAS ANDI MANTAN TKI

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

PAMAKESAN (12/7). Mas Andi adalah seorang mantan TKI ke Malaysia dari beberapa TKI asal Pamekasan, Madura. Mengingat umurnya yang masih tergolong muda dan banyak melihat potensi daerah yang bisa dia manfaatkan, Mas Andi memutuskan untuk tidak tidak berangkat lagi ke Malaysia.

Kini selain bertani, Mas Andi memelihara beberapa ternak, diantaranya Kambing, beberapa jenis unggas seperti ayam, angsa, itik. Mas Andi juga mencoba budi daya Lele dengan 4.000 bibit yang beberapa bulan lalu, tepatnya pada bulan Maret mendapat bantuan modal dari Rumah Zakat untuk modal budi daya lele.

Alhamdulillah, atas kesungguhan dalam berkeja, sekarang sudah mulai terlihat hasilnya. Budi daya Lele Mas Andi sudah mulai berkembang, dari satu sekarang menjadi tiga kolam lele yang semuanya berisi 3.500 bibit lele.

Diantara tiga kolam lele, yang sudah terjual baru hasil dari satu kolam pada bulan ramadhan lalu. Selain dijual ke pengepul beliau menjual ke pengecer. Laba bersih yang didapat dari 3.000 bibit sekitar 700 ribu.

Hal ini yang menjadikan mas Andi semakin bersemangat untuk menambah kolam lagi, dan tidak mau kembali untuk menjadi TKI.

“Terima kasih kepada Rumah Zakat yang sudah memberikan modal kepada saya untuk budi daya Lele. Hal ini sangat membantu ekonomi saya dan keluarga, semoga Rumah Zakat semakin memberi manfaat untuk masyarakat khususnya desa Plakpak.” kata Mas Andi.

Newsroom

Fuad Saifullah/Abdullah Tsabit

Tags :
Donation Confirmation