PENDAMPINGAN KERUHANIAN BAGI LANSIA DESA GEDONG

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

BANYUBIRU, Senin (02/09). Dilaksanakan pendampingan keruhanian bagi lansia di Dusun Ngaglik Desa Gedong, Kec. Banyubiru Kab. Semarang. Pembinaan ini rutin dilaksanakan oleh Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat sebagai bentuk pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketaatan beragama bagi lansia.

Acara pembinaan rutin ini biasa dilaksanakan dengan susunan acara yaitu menyimak bacaan surat-surat pendek, konsultasi kehidupan kerohanian masyarakat dan tausiah. Pertemuan dilakukan anjangsana agar bisa melihat kondisi sosial masyarakat kehidupan lansia secara langsung.

Di awal tahun baru hijriah ini, Amrih Setiowati Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat memberikan tausiyah berupa makna hijrah yang bisa dilakukan di masa kini. Hijrah bisa dimaknai tekat untuk semakin lebih baik. Contoh ringan bagi lansia agar hidupnya lebih tenang adalah bertekat untuk mengurangi membicarakan orang lain. Membicarakan kejelekan orang selain menyita waktu, juga bisa menambah beban psikologi lansia sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam hati. Oleh karena itu, lansia bisa terkena insomnia dan menurun gairah makan.

Amrih menyarankan kepada para lansia untuk memperbanyak dzikir, berkebun, dan menghadiri majelis taklim yang ada di masyarakat.

Newsroom

Dwi Pujiyanto / Hanaa Afifah

Tags :
Donation Confirmation