PENDIDIKAN MERATA UNTUK SEMUA USIA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonKARANGANYAR. Pemberdayaan di wilayah ICD ini difokuskan pada sumber daya manusianya,” tutur Hasun, Relawan Inspirasi wilayah ICD Sukosari Kab. Karanganyar. Kalimat yang diucapkannya tersebut bukan tanpa sebab. Banyaknya warga yang masih belum bisa membaca terutama huruf hijaiyah menjadi pekerjaan yang sangat penting bagi Hasun.

Sejak kedatangannya sebagai relawan RZ pada tahun 2013, program pemberdayaan yang menjadi fokusnya adalah pendidikan. Untuk menunjang pemberdayaan pendidikan di wilayah ini, maka pada November di tahun yang sama digulirkanlah program Beasiswa Ceria bagi anak-anak wilayah ICD Sukosari.

Selama kurun waktu dua tahun Beasiswa Ceria telah mampu meringankan beban para orang tua. “Alhamdulillah dengan adanya beasiswa ini kami merasa sangat terbantu,” tutur Sumini, selaku orang tua penerima beasiswa. Selama itu pula jumlah anak yang menjadi penerima manfaat bertambah menjadi 42 orang.

Melalui Beasiswa Ceria anak-anak pun diberikan pembinaan. Untuk pembinaan anak jenjang SD dilakukan sepekan tiga kali yaitu Senin, Rabu, dan Jumat, sedangkan SMP dan SMA setiap Sabtu. Pembinaan yang diberikan meliputi belajar membaca Al Qur’an, belajar organisasi, rihlah, membantu majelis hikmah, kerja bhakti, dan lain-lain. Setiap pekan anak-anak ini juga dikunjungi oleh Mobil Juara, sebagai penunjang kegiatan belajar. “Senang rasanya setiap pekan bisa membaca buku yang berbeda-beda,” seru Ikhsan, anak kelas 3 SD penerima Beasiswa Ceria.

Selain bisa meminjam dan membaca buku-buku yang disediakan, anak-anak pun diajak untuk berimajinasi melalui dongeng atau kisah-kisah inspiratif dari Mas Fauzi. “Mobil Juara RZ memang rutin datang seminggu sekali dan memberikan hiburan sekaligus edukasi bagi anak-anak TPA di sini,” ujar Muhamad Fauzi, penanggung jawab mobil juara RZ.

Tak hanya anak jenjang SD hingga SMA yang mendapatkan bantuan pendidikan, orang tua dan lansia pun menerima manfaat dari bantuan tersebut. Jika anak-anak mendapatkan beasiswa, orang tua mendapatkan pendampingan dan pendidikan baca Al Qur’an.

Newsroom/RZ Magz
Karanganyar

Tags :
Donation Confirmation