PERINGATI HAB, SD JUARA GELAR AKSI TEATRIKAL DI KEBUN BINATANG BANDUNG

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Kamis (15/10), SD Juara Bandung binaan RZ menyelenggarakan peringatan hari Hak Asasi Binatang (HAB). HAB ini diperingati secara internasional. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mengenalkan kepada peserta didik bahwa adanya peringatan hari HAB dan yang paling penting adalah mengenalkan kepada peserta diidk bahwa banyak satwa langka yang hamper punah. Selain itu, pada kegiatan ini juga, peserta didik diberikan pembelajaran bagaimana menjaga dan menyayangi binatang dengan benar.

Kegiatan yang diselenggarakan di kebun binatang bandung ini memberikan nuansa yang berbeda. Peserta didik tidak hanya jalan-jalan melihat binatang yang ada di dalam kebun binatang. Mereka mempunyai misi masing-masing setiap kelasnya. Peserta didik kelas 6 mempunyai misi utama yaitu mengkampanyekan pelestarian binatang dengan cara bermain drama dan membagikan pembatas buku yang berisi ajakan berbuat baik terhadap binatang. Sementara itu, kelas 5 mempunyai tugas membuat karangan bagaimana cara melestarikan binatang langka. Sedangkan kelas 4 bertugas mengelompokan binatang mana saja yang dilindungi dan yang tidak dilindungi.

Tidak hanya kelas 4-6 saja yang mempunyai tugas. Kelas 1-3 pun mempunyai tugas, hanya saja mereka mendapatkan tugas yang lebih ringan. Kelas 1 secara berkelompok menuliskan beberapa binatang yang berkaki 2 dan binatang yang berkaki 4. Kelas 2 memikirkan apa manfaatnya bagi manusia binatang yang mereka temui di kebun binatang. Menuliskan asal binatang yang ada di kebun binatang adalah tugas peserta didik kelas 3.

Seluruh peserta didik mengelilingi seluruh area kebun binatang dengan menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam. Kisah unik dari salah seorang peserta didik kelas 2. Rafli namanya. Ini adalah pertama kalinya Rafli berkunjung ke kebun binatang. Rafli menghampiri kandang burung bagau dan melihat beberapa burung bangau di dalamnya. kemudian rafli kembali kepada guru pendampinganya yaitu Ibu Ida Farida. “Bu, aku lihat kecap bangau” seru Rafli kepada bu Ida. “Oooh.. itu burung bangau” kata bu Ida. Mungkin Rafli hanya melihat burung itu ada dalam gambar sebuah kecap. Kini Rafli bisa melihatnya langsung.

Setelah mereka selesai mengelilingi kebun binatang, mereka menunaikan sholat dhuhur berjamaah di masjid yang ada di area kebun binatang. Kegiatan ini mempunyai kesan tersendiri bagi seluruh peserta didik, terutama kelas 6 yang mungkin lelah sudah bermain drama berkali-kali. Namun mereka tidak melupakan tujuan dan manfaat dari mengikuti acara ini. Terima kasis para donator RZ yang sudah mendonasikan hartanya sehingga para peserta didik SD Juara Bandung binaan RZ ini bisa merasakan manfaatnya langsung.***

Newsroom/Ahmad Ghozali
Bandung

Tags :
Donation Confirmation