PERURI TUNTASKAN AKSI PENYULUHAN KESEHATAN DI DUSUN CIBENDA

JAKARTA. Berawal dari banyaknya masalah kesehatan di Dusun Cibenda, maka pada Kamis, (3/3) Tim Kesehatan Rumah Zakat yang tergabung dalam Kampung Sehat Peruri menuju ke lokasi, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Dusun Cibenda. Untuk mencapai dusun yang lokasinya berada di tengah hutan Perhutani, salah saru dusun yang berada di desa Parung Mulya.

Tim harus menggunakan mobik pick up kecil, dikarenakan kondisi jalan yang terjal dan permukaan tanah yang labil dan tidak bisa dilalui Mobil Klinik Sehat Keliling. Aktivitas warga banyak dilakukan pada waktu tidak hujan, karena jika hujan sudah turun, maka jalanan menuju Dusun Cibenda  tidak bisa dilewati oleh kendaraan apa pun, sebab tekstur tanah disana  mudah lembek jika terkena hujan. Jadi warga  jika mau ke Puskesmas harus menunggu jalan benar-benar kering.

Apalagi jika warga mau melahirkan, kebanyakan menggunakan jasa Paradji ( dukun beranak ).Aksi kali ini dilaksanakan di rumah Udi (50 ) Ketua RW 08. Warga sangat antusias dengan kedatangan Tim Kampung Sehat Peruri. Hal itu terlihat dari banyaknya warga yang datang. Penerima manfaat yang hadir mencapai 106 orang.

Dalam acara ini, diberikan juga pelayanan pemberian makanan tambahan kepada balita sebanyak 46 balita. Acara dimulai dengan Penyuluhan Kesehatan yang disampaikan oleh dr. Eta Sari yang bertemakan, ‘Penyebab Diare’. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pengobatan umum.

Ditengah acara pengobatan, salah satu warga meminta ada yang didahulukan pendaftarannya. Warsem (55 ) terkena patukan ular ketika sedang bekerja di kebun. Warsem langsung di tangani oleh dr Eta Sari. Oleh dokter ini, disarankan untuk segera dibawa ke rumah sakit, karena keterbatasan peralatan dan obat yang dibawa.

Salah satu warga Eni (24 ) mengatakan, bersyukur ada Tim Kesehatan Peruri dan Rumah Zakat yang membantunya, keluarga, dan warga yang telah diberikan pelayanan kesehatan gratis. Kami sangat membutuhkan pengobatan, dikarenakan selama musim hujan ia dan keluarga tidak bisa ke Puskesmas,” Terima Kasih Peruri dan Rumah Zakat semoga pengobatan ini diadakan terus menerus, ” Ujar Iis (23). Aksi kali ini beranggotakan ,1 PIC, 2 dokter umum, 2 apoteker, 1 perawat, dan 3 Relawan Rumah Zakat. ***

Newsroom/Renaldo
Jakarta

Tags :
Donation Confirmation