PESERTA PELATIHAN MEKANIK OTOMOTIF MULAI MEMBEDAH MESIN

CIREBON. Memasuki pekan keempat, tujuh peserta pelatihan Mekanik Otomotif hasil kerjasama Rumah Zakat Indonesia (RZI) Cabang Cirebon dan Eka Jaya Berrindo kini disuguhi materi praktek membedah mesin. Peserta pelatihan yang sebagian besar dari keluarga tidak mampu ini mengaku sedikit kesulitan pada saat diberikan materi mengenai dasar-dasar mesin.

“Pada awalnya saya pusing melihat bagian-bagian mesin yang begitu rumit. Tapi setelah instruktur membimbing kami, alhamdulillah sedikit demi sedikit kami mulai memahami,” ujar Didi (43) yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek.

Salah satu instruktur Berrindo, Rahman mengatakan mereka memiliki semangat yang bagus sehingga materi-materi yang dirinya berikan mampu diserap dengan baik. Hal itu terbukti belum genap satu bulan berjalan, mereka sudah masuk ke materi praktek.

Tujuh peserta tersebut rencananya akan mendapatkan materi tentang spare part/ onderdil sepeda motor dan mekanisme kerja transmisinya, serta studi kasus yang secara riil. Contohnya adalah dengan memperbaiki sepeda motor yang rusak. Masing-masing peserta diwajibkan membawa sepeda motor dengan kasus yang berbeda. Harapannya mereka dapat mengusai setiap kasus kerusakan yang berbeda untuk dihadapi. Dengan teori tersebut maka peserta akan mudah memahami karakter mesin sepeda motor.***

Newsroom/Alamsyah Nuruzzaman
Cirebon

 

 

 

Tags :
Donation Confirmation