PROGRAM PEMBERDAYAAN RZI HARUS PENGARUHI CAPAIAN IPM MDGs

oleh Trianita Kurniati

Manager Area Jakarta Raya dan Sumatera Rumah Mandiri Indonesia

Keberhasilan pembangunan di suatu negara dapat dilihat dari seberapa besar permasalahan yang paling mendasar di masyarakat tersebut dapat diatasi. Permasalahan-permasalahan tersebut diantaranya adalah kemiskinan, buta huruf, ketahanan pangan dan penegakan demokrasi. Di Indonesia sendiri telah terjadi pergeseran sasaran dan tujuan pembangunan, dari Pembangunan Ekonomi dan Infrastruktur menjadi Pembangunan Manusia.

Sebagai indikator Pembangunan Manusia, UNDP telah mengembangkan Human Development Index (HDI) yang mencakup 3 komponen dasar yang dapat menghasilkan suatu ukuran untuk merefleksikan upaya pembangunan manusia di suatu wilayah, yaitu:

1. peluang hidup (longevity) yang diukur berdasarkan rata-rata usia harapan hidup.
2. akses terhadap pengetahuan (knowledge) yang diukur berdasarkan prosentase kemampuan baca tulis orang dewasa dan tingkat partisipasi bersekolah yang diperoleh dari rasio gabungan pendaftaran bersekolah dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah lanjutan atas.
3. standard hidup yang layak (decent living) yang diukur berdasarkan pendapatan per kapita dalam paritas daya beli dalam dollar AS.

Ketiga dimensi ini mempunyai nilai standar antara 0 dan 1, dimana angka rata-rata sederhana diambil untuk mendapatkan nilai HDI pada kisaran 0 dan 1. Kualitas pembangunan manusia kemudian dikelompokkan dalam 4 kategori, yaitu: (i) kategori sangat tinggi (HDI > 0.900), (ii) kategori tinggi (HDI antara 0.800 – 0.900), (iii) kategori menengah (HDI antara 0.500 – 0.800), dan (iv) kategori rendah (HDI < 0.500).

Di Indonesia, untuk mengukur tingkat pencapaian pembangunan manusia, digunakan Triple Indicators yang meliputi :

1. Angka Kemiskinan, yang diukur dari jumlah dan prosentase penduduk miskin.
2. Angka Pengangguran, diukur dari jumlah dan prosentase pengangguran.
3. Indeks Pembangunan manusia, terdiri dari :
a. Indeks Pendidikan, diukur dari Angka Melek Huruf (AMH) dan rata-rata lama sekolah (mean years of schooling/MYS)
b. Indeks Kesehatan, diukur dari angka harapan hidup (AHH)

Jika dikaitkan dengan sasaran pembangunan millennium (MDG’s), maka semua program di RZI harapannya berpengaruh signifikan pada peningkatan IPM sekaligus pencapaian MDG’s atau disingkat IPM MDG’s. Tantangan bagi kita adalah menganalisa, mengukur dan menyajikan angka capaian hasil dari intervensi pemberdayaan program terintegrasi kita terhadap capaian IPM MDG’s secara akuntable kepada khalayak.

 

 

Tags :
Donation Confirmation