RAFI AKBAR: UANGNYA BUAT BELI SEPATU DAN TAS SEKOLAH

YOGYAKARTA. Rumah Zakat Cabang Yogyakarta mengadakan pelatihan membuat kotak tabungan, Jumat (7/1). Kegiatan ini diikuti oleh 12 anak usia SD dan SMP yang tinggal di wilayah pemberdayaan Rumah Zakat, Kampung Keparakan Kidul, Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsa.

Anak-anak di wilayah Keparakan Kidul ini banyak yang mengalami keterbatasan ekonomi. Pelatihan membuat tabungan selain mengajari mereka keterampilan juga mengajari mereka berhemat. Tabungan ini berbahan dasar kertas karton. Mereka dibekali gunting, kertas karton dan lem. Instruktur memberikan contoh kerangka dasar pembuatan kotak tabungan. Setelah itu semua peserta membuat kerangka yang sesuai dengan bentuk yang dicontohkan. Mereka lalu mengguntingnya dan menempelkan bagian demi bagian dengan menggunakan lem. Ada keceriaan dalam diri mereka pada saat itu. Walaupun menguras konsentrasi karena tidak boleh ada garis dan guntingan yang bengkok, mereka tetap senang mengikuti pelatihan tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan mengasah keterampilan anak dan menumbuhkan sifat tidak boros. Mereka juga bisa belajar menyisihkan uang jajannya untuk keperluan di masa mendatang,” ujar Alvian, pendamping wilayah Keparakan Kidul. Dalam pelatihan tersebut mereka juga belajar tentang kebersamaan, saling membantu dan juga berlomba-lomba menghasilkan tabungan yang bagus. Setelah selesai, tabungan yang mereka buat dibawa pulang. “Uangnya nanti buat beli sepatu dan tas sekolah,” ujar Abizar Rafi Akbar (11), salah seorang peserta pelatihan.***
Newsroom/Zaenal Abidin
Yogyakarta

Tags :
Donation Confirmation