RBSK PEKANBARU LAYANI 9000 PENERIMA MANFAAT

RZ_pekanbaru22PEKANBARU. Rumah Bersalin Sehat Keluarga telah empat tahun hadir di Kota Pekanbaru, Rumah sakit ini berlokasi di Jl. Nenas, No. 11 Kelurahan Jadirejo, Kecamatan Sukajadi Pekanbaru dan telah diakses lebih dari sembilan ribu warga kota pekanbaru dan sekitarnya (data pasien terdaftar 9400).

Sedangkan untuk layanan kesehatan diluar klinik, periode Januari- April 2013 RBSK Pekanbaru telah memberikan layanan kesehatan kepada 10.000 penerima layanan manfaat. Layanan kesehatan yang diberikan berupa: layanan ambulance gratis (Call: 0761-37022), Siaga Sehat, UKS, Siaga Posyandu, Siaga Gizi dan bantuan kesehatan. Seluruh layanan diberikan secara gratis kepada masyarakat yang memenuhi kriteria mustahik. Sedangkan bagi pasien yang non mustahik tetap diperbolehkan mengakses layanan kesehatan di klinik RBSK Rumah Zakat, hanya saja wajib mengganti biaya layanan yang digunakan. Rata-rata kunjungan pasien klinik dan kebidanan antara 1200-1500 pasien per bulan.

Bertepatan dengan event ulang tahun yang ke-4, RBSK Rumah Zakat Pekanbaru juga menyelenggarakan peringatan peringatan Hari Kesehatan Sedunia yang digelar Minggu 14 April 2013. Rangkaian event HKS dan Ulang Tahun ini digelar dari tanggal 7 hingga 14 April dengan agenda: senam sehat di RW 5 Sri Meranti, lomba senam hamil di RBSK, lomba cerdas cermat kesehatan member, lomba adzan dan wudhu siswa SD Juara Pekanbaru, lomba sholat siswa SMP Juara Pekanbaru, seminar bahaya hipertensi bersama Al Ihsan Boarding School, lomba jalan sehat Peduli Lingkungan bersama anak asuh Beasiswa Ceria, pemberian PMT tinggi kalium (kurma) dan penyuluhan bahaya hipertensi pada peserta lomba jalan sehat. Total penerima layanan manfaat yang berhasil dilayani sebanyak 2272.

Puncak event dimeriahkan dengan lomba jalan sehat peduli lingkungan yang dikemas unik dengan pembagian kelompok lima anak asuh dengan orang tua masing-masing. Setiap kelompok ditantang untuk mengumpulkan sampah non organik sepanjang rute jalan sehat dalam waktu maksimal 1 jam. Lomba jalan sehat peduli lingkungan di ikuti oleh 700 penerima manfaat yang memperebutkan hadiah uang tunai senilai satu juta rupiah. Hadiah utama berupa uang tunai senilai 0,5 juta rupiah disabet tim anak asuh berasal dari korwil ICD Rumbai dengan berat sampah yang dikumpulkan sebanyak 18,5 Kg.

“Kegiatan Rumah Zakat luarbiasa bermanfaat dan harus dikoordinasikan dengan pemerintah kota dan provinsi agar bisa disupport lebih baik, apalagi banyak sekali program yang sejalan dengan program pemerintah,” ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Mizwar Efendi saat membuka acara HKS & Ulang Tahun mewakili Gubernur Riau.

Dalam event puncak HKS & Ulang Tahun juga diberikan penghargaan kepada karyawan terbaik RBSK Pekanbaru “Fitriani Mulyana” yang menempati posisi Finance. Fitriani Mulyana menjadi Sumber Daya Manusia terbaik dari sisi loyalitas, integritas, kemampuannya bekerja dalam tim, dan prestasinya sebagai finance 5 besar terbaik se-Indonesia

Selain itu juga dilaksanakan launching koperasi member dan penyerahan bantuan modal koperasi kelompok member RBSK “Kasih Ibu” oleh Branch Manager Rumah Zakat dari donasi event HKS para donatur Pekanbaru. Kelompok Kasih Ibu adalah salah satu dari 9 kelompok pembinaan member RBSK Pekanbaru. Berlokasi di Kelurahan Limbungan wilayah Integrated Community Development Rumbai, 5 ibu-ibu member ini istiqomah mengikuti pembinaan Rumah Zakat. Dengan latar belakang pendidikan SD, pekerjaan suami buruh, mereka sering kehabisan uang dan bahan pangan untuk anggota keluarganya. Berangkat dari kondisi ini, dibawah binaan Micro Business Officer Rumah Zakat Syahrir Affandi setelah mendapat pelatihan lebih kurang 2 bulan, mereka mulai melakukan iuran sukarela setiap pertemuan untuk modal Koperasi Simpan Pinjam. Tujuan awalnya agar bisa mereka manfaatkan ketika bahan pangan di rumah habis dan suami mereka belum mendapat uang belanja.

“Hingga hari ini koperasi simpan pinjam baru menjadi rencana, karena modal awal yang terkumpul belum mencukupi, alhamdulillah ada bantuan modal koperasi kelompok Kasih Ibu dari RBSK, jadi mulai pekan depan sudah bisa berjalan koperasinya,” ungkap Hera ketua kelompok member Kasih Ibu saat menerima bantuan.***

Newsroom/Emi Susanti
Pekanbaru

Tags :
Donation Confirmation