RELAWAN RZ AJAK ANAK-ANAK SIAGA GEMPA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

RELAWAN RZ AJAK ANAK-ANAK SIAGA GEMPAYOGYAKARTA. Pelajar Siaga Bencana (PSB) yang diselenggarakan oleh Relawan RZ Yogyakarta kali ini melakukan Simulasi Bencana Gempa Bumi. Bertempat di SDN Pendem, Kulon Progo, 24 siswa mengikuti PSB dengan semangat.

Kegiatan tersebut dimulai dengan games Pandu Memandu yang kemudian dilanjutkan dengan materi mengenai Gempa Bumi. Dalam materi tersebut dijelaskan mengenai Gempa berikut penyebab gempa serta bagaimana sikap kita ketika terjadi gempa.

Materi disampaikan secara klasikal, menonton video dan bernyanyi. Terakhir, dilaksanakan simulasi gempa ketika berada di jam kegiatan belajar mengajar. Penekanannya adalah instruksi guru dan perlindungan diri, serta peserta harus tetap tenang. Pada simulasi kali ini, guru terlibat juga sebagai pihak yang bertanggungjawab ketika kelas berlangsung.

“Hari ini adalah pertemuan PSB yang ketiga, sebelumnya telah dilaksanakan bulan November dan Desember. Materi yang telah disampaikan yakni pengenalan bencana dan menilai lingkungan sekolah.” tutur salah seorang Relawan RZ Yogyakarta, (13/01).

Adanya PSB ini diharapkan agar peserta sadar dan siaga ketika terjadi bencana. Pendidikan sejak dini menjadi upaya pra bencana agar kelompok rentan (anak-anak) dapat mengetahui apa yang harus dilakukan apabila terjadi bencana.

Newsroom/Sandy
Yogyakarta

Tags :
Donation Confirmation